5 Gubernur Resmi Di lantik Jokowi

JAKARTA, Lensapapua – Merupakan perpanjangan tangan presiden di setiap daerah dan dalam melaksanakan pemerataan visi dan misi tugas pemerintahan negara di daerah yang membutuhkan percepatan, maka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau di sapa akrab (Jokowi) akhirnya secara resmi melantik para Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada serentak beberapa saat lalu, untuk memimpin lima tahun kedepan sesuai hasil dari pemilukada tersebut. pelantikan yang digelar di Istana Negara Jumat, 12 Mei 2017, resmi dilakukan dan berlangsung hikmat.

Mereka yang dilantik adalah Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani (Papua Barat), Elzaldi Rosman – Abdul Fatah (Kepulauan Bangka Belitung), Wahidin Halim – Andika Hazrumy (Banten), Ali Baal – Enny Anggraeny Anwar (Sulawesi Barat), dan Rusli Habibie – Idris Rahim (Gorontalo).

Kelima pasangan tersebut selanjutnya akan mengemban amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur masing-masing daerah dengan masa jabatan tahun 2017 – 2022, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Jokowi yang diserahkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur di Istana Negara, Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan para pejabatan lainnya

Gubernur dan Wakil Gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 46/P Tahun 2017 tanggal 10 April 2017, Nomor 50/P Tahun 2017 tanggal 27 April 2017, dan Nomor 52/P sampai dengan Nomor 55/P Tahun 2017 masing-masing tertanggal 10 Mei 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dalam kesempatan itu terlihat kelima pasangan Gubernur – Wakil Gubernur dari beberapa daerah di indonesia ini pun  turut mengucapkan janji sumpah jabatan dan siap sesuai amanah dan peraturan perundangan siap berbakti kepada masyarakat, menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai Abdi Negara.

“Saya berjanji, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,”demikian sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo  usai melantik langsung menyapa dan memberi selamat kepada mereka ( pasangan Gubernur & Wagub) untuk seraya menyemangati para perpanjangan tangannya ini untuk segera siap menunaikan visi dan misi negara. Salah satu pasangan Gubernur yang disambangi  adalah Drs Dominggus Mandacan – Mohammad Lakotani,S.H,M.Si sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 di istana negara, Jumat (12/05/2017) pukul 15.30 WIB tersebut.

Adapun pelantikan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo yang menjadi dasar inti pelantikan para pasangan Gubernur – Wagub terpilih ini telah diterbitkan pada tanggal 10 April 2017 lalu, namun pelantikan baru dilaksanakan pada tanggal 12 Mei ini. Tamu yang akan hadir dalam proses pelantikan dibatasi karena ruangan istana sangat sempit sehingga yabg hadir hanya Gubernur/ Wagub terpilih, pihak keluarga masing-masing 4 orang. Dimana Setelah proses pelantikan di Istana Negara dilanjutkan dengan Doa syukuran yang akan dilaksanakan di Hotel Grand Mercure, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, pukul 19.30 WIB. (Red/ian)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.