Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kab Sorong Gelar Kegiatan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Lingkungan Destinasi Wisata

Dorce Kalami. Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kabupaten Sorong

Lensapapua–  Pemkab Sorong, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menggelar kegiatan kebersihan lingkungan sanitasi lingkungan destinasi wisata.

 

Kegiatan yang berlangsung, Senin (23/8-2021) di Aimas, akan berakhir besok. Dimana, pada hari ini para peserta yang berasal dari tiga  lokasi sasaran wisata, seperti Kampung Malaumkarta, Batu Lubang Pantai (Distrik Makbon),  Jeflio (Distrik Mayamuk) mereka mengikuti pelatihan berupa teori.

 

Dan untuk kegiatan besok (Selasa 24/8),  para peserta akan langsung mengadakan praktik lapangan, ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong Dorce Kalami.

 

Jelasnya, semua orang ingin melepas lelah dengan berkunjung ke lokasi wisata tertentu. Sehingga, masyarakat setempat juga harus ikut mendukung dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun pemerintah tersebut.

 

Termasuk masalah kenyamanannya. Dengan adanya kegiatan ini, kami selaku instansi teknis terus memberi motivasi agar masyarakat bisa melayani para pengunjung dengan baik, ucap Dorce, sembari kembali mengingatkan.

 

Selain itu, kesiapan masyarakat setempat  sangat menentukan dalam memberikan pelayanan agar pengunjung tidak merasa bosan dalam menikmati wisata alam tersebut.

 

Contohnya, wisata alam di Kampung Malaumkarta, dimana pemerintah telah membangun berbagai sarana dan prasarana, seperti kuliner, kios cendramata serta honay-honay.

 

Bahkan, tahun ini lebih lengkap lagi ada tersedia tempat-tempat parkir, dan juga dari pihak masyarakat menyediakan berbagai karya seni (kerajinan tangan lokal).

 

Ada pula makanan ringan lokal, seperti keripik pisang, keripik keladi siap saji, jelasnya.

 

Untuk memberi rasa aman kepada para pengunjung, pihaknya memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk mengolanya. Dengan demikian, tentu warga setempat yang kita harus berdayakan.

 

Dia berharap, dengan adanya destinasi wisata yang telah dibangun Pemda setempat ini agar masyarakat setempat bisa meningkatkan taraf perekonomiannya. Tentu dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada. (Lh/rim)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.