Panglima Koarmada III Hadiri Panen Raya Padi Di Aimas Kabupaten Sorong

Panhko Armada III. Dadi Sutanto (baju putih tengah)

Lensapapua – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, Danlantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, Bupati Sorong Johny Kamuru,  para pejabat TNI, Polri serta pimpinan OPD terkait Kabupaten Sorong  hadiri panen raya padi Lahan Ketahanan Pangan Pangkalan Utama TNI AL XIV, berlangsung di Aimas, Jum’at (12/3-2021).

 

Mengingat, kondisi bangsa saat ini tengah hadapi pandemi Covid-19, sehingga semua berdampak pada berbagai sektor. Termasuk di antaranya pada sektor pertanian.

 

Narasasi panen raya yang disampaikan Kolonel Laut (Teknik) Rahmat Hartono Asisten Logistik Danlantamal XIV  Sorong mengatakan,  sektor pertanian sangat berkaitan erat dengan ketahanan pangan nasional, sehingga pada masa pandemi yang sulit ini  maka ketahanan pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan, dan dipertahankan.

Sehubungan dengan hal itu, Panglima Koarmada III memerintahkan kepada seluruh satuan yang berada di bawahnya untuk melaksanakan program ketahanan pangan, yang dituangkan ke dalam  Surat Telegram Pangkoarmada III Nomor 20.358/Arma III/0420, TWU 0403.1530 tentang Program Ketahanan Pangan TNI Angkatan Laut.

 

Lantamal XIV bergerak cepat menindaklanjuti perintah Panglima Koarmada III,  dengan cara melaksanakan kerja sama, dan mengajak masyarakat di Distrik Aimas Kabupaten Sorong untuk mewujudkan program ketahanan pangan sektor pertanian.

 

Dijelaskan, lahan seluas 2 hektare  milik Giono  anggota dari Kelompok Tani  Rukun Warga Aimas, dimana pada luas lahan tersebut sebelumnya termasuk lahan tidur, aku Rahmat Hartono.

 

Pada 15 November 2020 semangat prajurit Lantamala XIV saling bersinergi dengan masyarakat setempat, mulai bahu membahu mengolah lahan tersebut untuk dijadikan sebagai lahan yang produktif.

 

Berikut,  pada 7 Desember 2020 bibit padi Mamberamo mulai ditanam, dan pada hari ini di lahan ketahanan pangan,  yang berlokasi di Kelurahan Malawele, Distrik Aimas dapat melaksanakan panen raya.

 

Bahkan,  diperkirakan untuk lahan seluas 2 hektare itu hasilnya bisa mencapai 3 ton padi.

 

Sementara bibit pada yang ditanam jenis faritas Mamberamo. Benih pada untuk menanam pada lahan seluas 2 hektare tersebut, sebanyak 50 kilogram.

 

Demikian selayang pandang pelaksanaan program  ketahanan pangan  Lantamal XIV Sorong bersama masyarakat di Kelurahan Malawele, Distrik Aimas ini, tutup Rahmat Hartono. (rim/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.