Kisah Bupati Sorong Perjalanan Menuju Terang Iman

Lensapapua –  Bupati Sorong Johny Kamuru mengungkapkan, Tuhan manfaatkan saya untuk melayani orang lain. Ungkapan orang nomor satu di Kabupaten Sorong itu, saat menyampaikan sambutan pada peluncuran buku Pemimpin Yang Melayani merupakan sebuah perjalanan menuju terang iman.

 

Kegiatan yang berlangsung di gedung Aimas Convention Center Senin (15/2-2021), turut disaksikan sejumlah kepala daerah, diantaranya Wali Kota Sorong EC Lambert Jitmau, Bupati Tambrauw Gabriel Asem,  sejumlah pejabat sipil, TNI, Polri serta tamu undangan.

 

Dalam kisah perjalanan hidupnya, sambung Johny Kamuru, dirinya  mengalami berbagai hambatan, suka duka terus menerpanya membuat dirinya akan semakin kuat dan bersemangat.

 

Bahkan, seusai menamatkan pendidikan pada Fakultas Hukum Universitas Papua kala itu, dia sempat diterima di salah satu perusahaan raksasa di Timika, juga diterima di salah satu perbankan  swasta terbesar di Papua.

 

Namun, nasibnya berkata lain.  Setelah mendapat motivasi dari sang ibu.

 

Johny panggilan akrab dari sang ibu sambil memotivasi  kepada buah hatinya nomor dua dari lima bersaudara itu kalau mau hidupmu berguna bagi orang banyak masuk saja untuk berkarya   sebagai PNS.

 

Nampaknya,  saran dan doa sang bunda terkabulkan. Akhirnya,  waktu terus berlalu (berproses) saya pun  langsung bekerja sebagai staf di Pemkab Sorong.

 

Seiring dengan perjalanan waktu karirnya terus merangkak naik dari jabatan eselon IV, III dan terakhir mendapat jabatan eselon II.b sebagai Kepala Badan Pengelelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sorong.

 

Tidak sampai berhenti di situ ada kesempatan yang lebih besar lagi tanggung jawabnya ingin melayani masyarakat dalam jumlah yang lebih besar  lagi, ia bersama Suka Harjono ikut rival politik dalam penyelenggaraan Pilkada, yakni maju sebagai pasangan calon Bupati Sorong 2017-2022.

 

Puji Tuhan, upaya kami itu  berbuah manis, dimana bisa memenangkan pada pesta demokrasi, yang hanya diikuti dua pasangan calon kepala daerah.

 

Saya menghadirkan kisah hidup yang lengkap ini karena saya mencintai sejarah yang telah membentuk karakter saya hingga saat ini, ungkap JK sapaan akrab Bupati Johny Kamuru.

 

“Ini adalah kisah apa adanya tentang keluarga saya. Tentang orang-orang Papua yang merebut apa yang diciptakannya,” beber JK, disertai ekspresi khasnya yang sangat sederhana dan merakyat ini. (rim/red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.