Pelayanan BPS Kabupaten Sorong Capai 98,39 Persen Tingkat Kepuasan Konsumen

Lensapapua- Pada tahun 2019 nilai kepuasan konsumen terhadap pelayanan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sorong mencapai 98,39%.

 

Demikian pula,  pada indikator meningkatnya kualitas hubungan dengan pengguna data, yakni jumlah pengunjung eksternal yang  mengakses data BPS Kabupaten Sorong mencapai 8.416 pengunjung selama periode tahun 2019.

 

Demikian dijelaskan Kepala BPS Kabupaten Sorong Siswanto, Rabu (17/6-2020) di Aimas.

 

Hal  itu diikuti meningkatnya pengguna data BPS untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan nasional, dengan nilai pencapain 90%.

 

Dari hasil seluruh capaian ini, sambung Siswanto merupakan hasil  dari peningkatan pelayanan statistik yang berprinsip’ closer to consumer’(lebih dekat ke konsumen).

 

Keberhasilan dari pengukuran indikator internal ditunjukkan dengan pencapaian akuntabilitas kinerja Satker (satuan kerja), dimana mengalami peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan  (SAKIP) dalam kurun dua tahun terakhir.

 

Selain itu, lanjut Siswanto, pihaknya juga membangun suatu sistim penilaian akuntabilitas kinerja serta implementasi pengendalian internal, yang berbasis web-progaming menyesuaikan tuntutan revolusi industry 4.0.

 

Perubahan juga diperlihatkan pada tahapan proses bisnis, yang dibangun BPS Kabupaten Sorong melalui sinkronisasi program kegiatan antara BPS RI dan BPS  kabupaten/kota  melalui web- monitoring real time, pelaksanaan kegiatan pendataan lapangan yang berbasis CAPI/Android –Base.

 

Ada pula beberapa proses kegiatan yang berbasis web-system. Salah satunya adalah pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020, ucap Siswanto menambahkan. (Red/rim)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.