2019, Kuri Wamesa Diharapkan Jadi Daerah Persiapan Pemekaran DOB.

Potret bersama senator papua barat Mervin komber, bersama TIM pemekaran Kuriwamesa
banner 120x600
banner 468x60
Potret bersama senator papua barat Mervin komber, bersama TIM pemekaran Kuriwamesa

MANOKWARI, lensapapua — Ketua Tim Pemekaran DOB Kuri Wamesa, Andarias Kayukatuy saat ditemui berharap, Kuri Wamesa segera mekar menjadi Kabupaten sendiri. Minimal pada 2019 Kuri Wamesa diharapkan sudah menjadi daerah persiapan, dan mendapatkan legitimasi pengesahan pemekaran.

Hal ini terkait ide gagasan dan dasar yang dicetuskan dari 6 Distrik di Kabupaten Teluk Wondama yaitu Distrik Wamesa, Distrik Rumberpon, Roswar, Windesi,  dan Kuri Wamesa untuk membentuk serta melahirkan daerah pemekaran DOB.

banner 325x300

” Meski ada beberapa kampung di distrik Kuri dan Wamesa Kabupaten Teluk Bintuni yang belum menyatakan kesediaan untuk bergabung, namun tindak lanjut hal ini untuk segera mendapatkan rekomndasi Gubernur Papua Barat,akam kami segera diselesaikan,”Ucapnya

Selain itu, Daerah Otonomi baru atau Kabupaten Kuriwamesa ini berada diantara empat kabupaten, yakni Kabupaten Wondama, Bintuni, Kaimana dan Kabupaten Manokwari Selatan. merupakan salah satu kecamatan yang telah dinilai memenuhi syarat untuk pembentukan DOB. hal ini berdasarkan hasil kajian akademik yang dilakukan Pusat Penelitian Pemberdayaan Fiskal dan Ekonomi Daerah Unipa Manokwari, calon Kabupaten Kuri Wamesa memiliki total nilai 386 dari seluruh faktor dan indikator yang disyaratkan. Selain itu dinilai telah sesuai dengan UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2004 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH (PASAL 3, 4, 5, DAN 6), serta skema atau syarat pembentukan daerah otonom baru berdasarkan PP no 78 tahun 2007.

” Kami telah mengikuti instruksi dan ketentuan sesuai peraturan Menteri dalam negeri untuk mencegah kemungkinan kegagalan DOB yang baru dibentuk. Oleh karena itu,  proses daerah persiapan, segala instrumen menuju DOB telah dimatangkan dengan baik. Misal, tahun pertama, menyiapkan instrumen regulasi, evaluasi, hingga penyusunan batas-batas daerah, “Paparnya.

Adapun usulan daerah bawahan calon Kab KuriWamesa terdiri dari 8 distrik, 6  di antaranya berada di  wilayah Kabupaten Teluk Wondama dan 2 di Teluk Bintuni, serta 35 kampung. Dimana perencanaan ibukota Kabupaten Kuriwamesa berada di Kampung Werianggi  yang datarannya cukup luas, layak untuk sebuah kota.

” 65 Orang personil tim Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kuri Wamesa telah mengikuti Rembug Nasional Forum Komunikasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Seluruh Indonesia di Gedung Nusantara IV DPR/DPD RI, dijakarta. Kegiatan yang telah dilaksanakan itu diharapkan dapat mendesak Presiden Joko Widodo segera membuka moratorium,”Ujar Kaikatui.

Kaikatui juga mengungkapkan, Tim Pemekaran juga telah melakukan pertemuan dan konsultasi dengan anggota DPD RI asal Papua Barat, Mervin. Komber. Untuk itu Presiden segera mencabut moratorium, sehingga sebelum pemilu 2019 Kuri wamesa sudah menjadi daerah persiapan, agar setelah 3 tahun dievaluasi kemudian masuk dalam RUU DOB Baru Kuri Wamesa. Sehingga kini berbagai persiapan dalam melengkapi administrasi yang diperlukan seperti persetujuan Gubernur Papua Barat, DPR Provinsi, Peta Kabupaten Induk dan DOB Kuri Wamesa tengah di kerjakan. (ian)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.