Pansel MRPB Umumkan Hasil Kelulusan Seleksi Administrasi Calon Anggota

Ketua Pansel Mrpb Obed Ayok didampingi Jubir Pansel Filep Wamafma

MANOKWARI, Lensapapua – Panitia Seleksi Calon Anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), Akhirnya mengumumkan hasil tahapan penetapan hasil seleksi administrasi penetapan anggota MRPB periode 2017 – 2022.

Hal ini sebagaimana berdasarkan surat keputusan Panitia Seleksi (Pansel) Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat Nomor 05 tahun 2017 tentang penetapan hasil seleksi administrasi calon anggota MRP tahun 2017 di Provinsi Papua Barat, maka pansel pleno verfikasi berkas dokumen tiga pokja MRP dan dinyatakan memenuhi syarat.

Ketua panitia seleksi MRPB Obed Arik Ayok Rumbruren di dampingi Jubir Pansel Filep Wamafma kepada awak media saat konfrensi pers (1/6) mengatakan, dari hasil penetapan tersebut total sebanyak 200 calon anggota yang mewakili Tiga pokja di perebutan kursi MRP.

Lanjut dikatakannya,  terdapat dari 200 anggota yang telah ditetapkan oleh pansel, terdiri atas 65 calon anggota pokja perempuan 60 nama dinyatakan memenuhi syarat atas unsur / perwakilan. sedangkan 5 nama lainnya belum memenuhi kuota.

Pokja agama terdiri atas 70 calon nama,  dimana 65 calon pokja agama dinyatakan memenuhi syarat atas unsur /perwakilan dan 5 lainnya belum memenuhi kiota. Hal yang sama pun terjadi pada kuota unsur / perwakilan dari 65 nama asal kabupaten,  59 diantaranya dinyatakan memenuhi syarat dan 6 lainnya belum memenuhi kuota.

Dimana pada pokja perempuan berdasarkan kabupaten, kota yakni kabupaten Sorong, Kota Sorong, Raja Ampat, Kabupaten Manokwari, Pegunungan Arfak (Pegaf), Teluk Wondama, Fakfak, Maybrat, Tambrauw masing-masing daerah keterwakilan 5 calon telah dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sedangkan Sorong Selatan, Manokwari Selatan, dan Kaimana masing-masing 4 orang calon keterwakilan memenuhi syarat, dan Teluk Bintuni 3 orang keterwakilan memenuhi syarat.

Pokja adat sesuai kabupaten, kota yakni kabupaten Sorong, Kota Sorong, Raja Ampat, Sorong Selatan, Tambrauw, Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak (Pegaf), Teluk Wondama, Fakfak masing-masing 5 orang keterwakilan unsur adat memenuhi syarat (MS) Sedangkan, Kabupaten Kaimana, 2 orang keterwakilan adat dinyatakan memenuhi syarat, Teluk Bintuni 4 orang keterwakilan adat dinyatakan memenuhi syarat.

Pokja agama untuk kuota keterwakilan agama Kristen sebanyak 46 calon dinyatakan memenuhi syarat. Untuk kuota agama Islam sebanyak 9 orang dinyatakan memenuhi syarat, dan agama Katholik 9 orang keterwakilan dinyatakan memenuhi syarat.

Filep Wamafma  juga menegaskan, pihaknya dalam melakukan pleno verfikasi berkas masing-masing calon anggota MRP hingga di umumkan ke publik adalah telah sesuai dengan ketentuan dan perundangan, dan tidak ada unsur keterpihakan lainnya. Sehingga daei nama-nama yang sudah dinyatakan memenuhi syarat tersebut selanjutnya harus mampu akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Dimana pada seleksi ini adalah pada tahapan tes Kesehatan calon anggota MRPB. (ian)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.