KPU Biak Numfor Minta Masyarakat Sabar Menunggu Hasil Rekapitulasi Pemilu

Lensapapua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor mengadakan Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil pemungutan suara tingkat Kabupaten Biak Numfor pada pemilihan umum serentak tahun 2019 yang akan berlangsung selama 2 hari sejak 23 dan 24 April 2019 di Aula KPU Biak.

Pembukaan Rapat pleno langsung di buka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor Mathias Jan Morin, di hadiri oleh Asisten 1 Setda Biak Numfor Friets G Senandi mewakili Bupati Biak Numfor, unsur Tni-Polri, Bawaslu Biak Numfor, Perwakilan Partai politik dan para saksi Parpol.

Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor Mathias Jan Morin
mengatakan KPU Biak Numfor melakukan rekapitulasi tingkat Kabupaten ini sesuai dengan undang-undang maupun peraturan KPU yang menjadi acuan untuk menindaklanjuti tahapan pemilu serentak 17 April 2019.

“Mungkin saat ini warga masyarakat sedang berspekulasi siapa yang bakal memperoleh suara signifikan dalam pemilu ini, untuk itu sebagai pihak penyelenggara saya berharap masyarakat tetap sabar untuk menunggu hasil dari pleno ini,” ujarnya.

Menurutnya secara hirarki KPU Kabupaten berwenang untuk menetapkan perolehan suara oleh calon legislatif tingkat kabupaten sehingga sekali lagi masyarakat tidak berspekulasi lalu membuat opini yang tidak mengenakan.

“Ini kompetisi, tunggu hasilnya akan kami umumkan secara resmi perolehan suara semua partai politik dan perolehan suara para calegnya,”kata Ketua KPU biak Numfor.

Nantinya Ada 25 calon terpilih dari 398 Caleg jadi pihaknya berharap tidak terjadi kecemburuan sosial terutama di kalangan masyarakat ataupun kalangan politisi peserta pemilu, karena KPU bekerja sesuai aturan tidak menambah dan tidak mengurangi perolehan suara dari tiap kandidat.

“Jika ada ada pihak penyelenggara yang menambah dan mengurangi perolehan suara dari tiap peserta pemilu akan berhadapan dengan hukum, tentunya kami tidak mau berhadapan di hukum, jadi saya harus pimpin lembaga ini melakukan setiap tahapan sesuai aturan yang berlaku,” jelas Jan Morin.

Sementara itu Mewakili Bupati Biak Numfor, Asisten 1 Friets G Senandi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para penyelenggara serta masyarakat yang telah membangun suatu komitmen untuk suksesnya pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019.

Ia berharap rapat pleno terbuka ini bisa berjalan dengan baik, dan menghimbau kepada masyarakat agar bersabar untuk menunggu hasil pleno dari KPU Biak Numfor, sehingga apa yang menjadi keputusan dari hasil Pleno terbuka ini dapat diterima oleh masyarakat. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.