Jelang Pemilu 2019 KPU Biak Numfor Gelar Rapat Evaluasi

Rapat evaluasi KPU Biak Numfor bersama PPD se-Kabupaten Biak. dok/red
Rapat evaluasi KPU Biak Numfor bersama PPD se-Kabupaten Biak. dok/red

Lensapapua, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor dan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) menggelar Rapat Evaluasi membahas persiapan Pilkada serentak Juni 2018 lalu, yang dihadiri oleh ketua beserta Komisioner KPU Biak Numfor, di Aula Hotel Arumbai Biak, Senin (8/10/18).

Ketua KPU Kabupaten Biak Numfor, Jackson Maryen SE mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut rapat Evaluasi di KPU Provinsi Papua, untuk melihat bagaimana pelaksanaan tahapan pilkada yang lalu serta kinerja penyelenggara baik KPU sampai di tingkat PPS.

“Kami akui hal yang perlu dibenahi yaitu dari penyelenggara di tinggkat bawah, dalam hal mengerjakan data, mengisi formulir format-format dalam pelaksanaan pemungutan suara harus kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

Menurut Jackson, pengelolaan keuangan juga menjadi bahan evaluasi karena sempat menjadi masalah mengganggu pada pilkada serentak 2018 silam. Harapannya tidak terjadi lagi masalah yang sama karena pekerjaan pemilu 2019 jauh lebih banyak dan lebih rumit, untuk itu diharapkan nanti semua bisa berjalan baik.

Ketua KPU menambahkan tahapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, pihaknya sudah membuat posko gerakan pemungutan hak pemilih di Distrik Samofa, selanjutnya KPU akan menyerahkan DPT kepada PPD kemudian KPU akan ke lapangan untuk membuat posko di semua distrik, kampung dan kelurahan agar pemilih yang namanya belum tercantum di DPT bisa segera melapor.

“Yang Belum ada di DPT bisa melapor sebelum tanggal 28 oktober 2018, menurut KPU RI melalui rekomendasi dari Bawaslu RI pemilih yang belum ada nama bisa dimasukkan lagi agar pada penetapan nanti tidak ada pemilih yang tidak terdaftar,” jelas Jacson Maryen.

Untuk mereka yang pindah tugas dan masuk ke daerah Biak, sesuai dalam PKPU 5 bahwa bisa menggunakan kartu elektronik serta surat pindah A5 dari daerah asal dan berhak memilih untuk Pilpres dan Wapres.

“Secara keseluruhan semua persoalan bisa dihadapi dengan baik sesuai dengan tahapannya hingga sekarang proses penetapan sedang berlangsung dan kita harapkan bisa berjalan lebih baik,” pungkas Ketua KPU Biak Numfor. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.