Dualisme Di Tubuh PKPI, Ini Kata Ketua KPUD Kabupaten Sorong

Ketua KPUD Kabupaten Sorong, Marthinus Nasarny, SH., Dok/red
Ketua KPUD Kabupaten Sorong, Marthinus Nasarny, SH., Dok/red
banner 120x600
banner 468x60
Ketua KPUD Kabupaten Sorong, Marthinus Nasarny, SH., Dok/red
Ketua KPUD Kabupaten Sorong, Marthinus Nasarany, SH., Dok/red

Lensapapua, Salah satu partai politik pengusung calon kepala daerah di Kabupaten Sorong ditengarai bermasalah. Pasalnya parpol tersebut diduga kuat mengeluarkan 2 rekomendasi kepada dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sorong periode 2017-2022.

Partai politik tersebeut adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Pada hari Rabu (21/9/2016) PKPI versi Moses Sabono menyerahkan rekomendasi dukungan kepada pasangan calon Zeth Kadakolo dan Ibrahim Pokko (Zethiba) dan menyatakan siap memenangkan pasangan tersebut.

banner 325x300

Sementara hari Kamis (22/9/2016) PKPI versi Albertina Jitmau turut menghantarkan pasangan calon Johny Kamuru dan Suka Harjono (JK-Suka) di KPUD Kabupaten Sorong sebagai peserta pemilukada serentak 2017.

Ketua KPUD Kabupaten Sorong, Marthinus Nasarany kepada awak media, Kamis (22/9/2016) mengatakan ada tahapan setelah penerimaan pendaftaran pasangan calon yakni, verifikasi faktual terhadap berkas persyaratan para kandidat.

“Jadi untuk PKPI, jika benar terdapat dualisme rekomendasi dukungan maka, KPUD akan memverifikasi di tingkat pusat Jakarta untuk memastikan keabsahannya”, kata Marthinus Nasarany. Verifikasi dimaksud termasuk dualisme kepengurusan di tingkat daerah Kabupaten Sorong.

Sementara mengenai sanksi yang dapat diberikan, menurut Nasarany, adalah diskualifikasi dari keikutsertaan pada pemilukada Kabupaten Sorong tahun 2017. “Jika ditemukan unsur pelanggaran, maka bisa saja PKPI di-diskualifikasi dan tidak akan ikut dalam pilkada 2017. Dan itu sudah ada dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini”, tegas Ketua KPUD Kabupaten Sorong. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.