Bawaslu Kabupaten Sorong Gelar Sosialisasi dan Implementasi SOP Penyelesaian Sengketa Pemilu Serentak 2024

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sorong mengadakan kegiatan sosialisasi dan implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelesaian sengketa pemilu serentak tahun 2024 kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwaslu) Distrik se-Kabupaten Sorong. Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Aimas pada Senin (10/7/2023) dengan tujuan untuk mempersiapkan pengawas pemilu dalam menghadapi pemilu serentak yang akan datang.

Acara sosialisasi dan implementasi SOP penyelesaian sengketa pemilu ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu Kabupaten Sorong dalam memastikan bahwa pemilu serentak 2024 berjalan secara transparan, adil, dan demokratis. Sebanyak 90 orang dari 30 Panwaslu Distrik hadir dalam kegiatan tersebut, yang akan dilatih dan dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan dalam menangani sengketa pemilu yang mungkin timbul.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong, Regina Gembenop, mengungkapkan pentingnya peran Panwaslu Distrik dalam menjaga integritas pemilu di tingkat lokal. Ia menyampaikan bahwa sosialisasi dan implementasi SOP penyelesaian sengketa pemilu ini bertujuan untuk memastikan seluruh Panwaslu Distrik memiliki pemahaman yang sama mengenai prosedur penyelesaian sengketa, sehingga dapat menjalankannya dengan konsisten dan profesional.

Selama sosialisasi, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai proses penyelesaian sengketa pemilu, termasuk tahapan, mekanisme, dan aturan-aturan yang berlaku. Mereka juga dilibatkan dalam simulasi kasus-kasus sengketa pemilu untuk melatih kemampuan analisis dan pengambilan keputusan yang tepat.

Regina Gembenop juga menekankan pentingnya netralitas dan independensi Panwaslu Distrik dalam menjalankan tugasnya. Ia mengingatkan seluruh peserta bahwa Panwaslu Distrik harus bekerja tanpa adanya intervensi dari pihak manapun dan harus memegang teguh prinsip keadilan dan keberpihakan pada kepentingan publik.

Setelah sosialisasi, Panwaslu Distrik diharapkan dapat menerapkan SOP penyelesaian sengketa pemilu dengan baik, menjaga integritas pemilu, serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat terkait proses pemilihan umum yang transparan dan adil.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bawaslu Kabupaten Sorong telah aktif melibatkan masyarakat dalam proses pengawasan pemilu untuk memastikan integritas demokrasi. Dengan adanya sosialisasi dan implementasi SOP penyelesaian sengketa pemilu ini, diharapkan masyarakat dapat semakin percaya dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sorong untuk menjaga demokrasi yang sehat dan berkelanjutan.

Kegiatan sosialisasi dan implementasi SOP penyelesaian sengketa pemilu serentak 2024 ini diakhiri dengan harapan bahwa Panwaslu Distrik se-Kabupaten Sorong akan melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan menjaga integritas pemilu di masa yang akan datang. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.