Published On: Sel, Des 4th, 2018

Tingkatkan Kompetensi Guru Paud, SKB Biak Adakan Diklat Berjenjang

Lensapapua, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pendidikan dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Biak melakukan Diklat berjenjang Guru pendamping muda Paud (Pendidikan anak usia dini) tingkat dasar Kabupaten Biak Numfor 2018, selama 5 hari sejak 4 – 8 Desember 2018.

Plt Kepala SKB Kabupaten Biak Numfor Margaretha Singgamui, S.Pd, Mengatakan, seperti diketahui bersama guru PAUD ini tidak semua punya latar belakang pendidikan Keguruan, guru PAUD yang ada saat ini ada yang tamat SMP dan SMA/SMK bahkan di kampung-kampung ada guru PAUD yang cuma tamat SD.

“Kalau tamatan seperti itu tentu tidak punya pengalaman di bidang pendidikan, untuk itu Kementerian Pendidikan sudah menyadari akan hal ini, mereka mendesain diklat-diklat khusus untuk guru PAUD namanya diklat berjenjang,” ujarnya.

Dalam Diklat berjenjang ini terdapat 3 jenjang yaitu Diklat pendidikan dasar untuk Diklat pendamping guru muda sebanyak 248 jam diklat terbagi menjadi 48 jam tatap muka dan 200 nya adalah tugas mandiri, tetapi khusus di Biak ada tambahan 2 jam materi Hiv-Aids hingga menjadi 250 jam diklat.

Tahun depan ada lanjutan ke diklat berjenjang tingkat lanjutan, ada 266 jam diklat terbagi menjadi 66 jam tatap muka dan 200 jam tugas mandiri, lanjutannya lagi ke Diklat Mahir ada 282 jam diklat terbagi menjadid 82 jam tatap muka dan 200 jam tugas mandiri.

“Desain Diklat ini tujuannya adalah pasti untuk peningkatan kompetensi kepada guru PAUD yang tadi latar belakangnya SD,SMP, SMA itu karena guru PAUD yang profesional tugasnya banyak, dia harus merencanakan pembelajaran, harus berdiri mengajar di depan setelah itu harus menilai pengembangan anak atau hasil pembelajaran itu, ada bimbingan bimbingan ada pengasuhan dan perlindungan,” jelas Margaretha.

Ia berharap kepada guru Paud yang mengukuti Diklat agar setelah belajar dalam diklat ini mereka kembali dan menerapkan serta melakukan tugas mandiri di Paud masing-masing.

“200 jam tatap muka itu merupakan tugas mandiri dan mereka mengirimkan laporan kepada kami supaya dasar itulah kita menilai mereka dan mengeluarkan sertifikat mereka,” tutur Plt Kepala SKB biak.

Margaretha menjelaskan untuk peserta yang mengikuti Diklat ini terdiri dari guru TK dari kota Biak 10 orang, PAUD di Biak 20 orang dan dari Pulau Numfor 10 orang guru PAUD, serta ada kelebihan peserta yang lain yang meminta untuk mengikuti materi saja.

Perlu di ketahui di Kabupaten Biak Numfor terdapat 137 Sekolah Pendikan anak usia dini (Paud). red

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>