Smansa Biak Kota Libatkan KPU Pada Proses Pemilihan Ketua Osis

Lensapapua, Biak – Ada yang berbeda pada proses pemilihan ketua OSIS SMA N 1 Biak periode 2019 – 2020 yaitu melalui proses aklamasi dan melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Biak numfor yang sekaligus bisa mengajarkan siswa bagaimana cara melakukan proses pemilihan, di halaman upacara Smasa Biak pada Senin (02/12/2019).

Kepala Sekolah SMA N 1 Biak Kota, Ruben Faknik menngatakan proses pemilihan dan pelantikan Ketua OSIS dilakukan dengan mendetail serta melibatkan KPU Biak numfor supaya menjadi contoh bagi para siswa ke depan bagaimana proses atau tahapan pemilihan seorang pemimpin.

“Kehadiran KPU Biak numfor ini dalam proses pemilihan Ketua OSIS di Smansa Biak adalah sebagai salah satu pioneer untuk bisa mengajar anak-anak kami bagaimana sistem pemilihan, supaya mereka bisa juga memberikan ilmu dan pengalaman terkait sistem pemilihan dan sistem kepemimpinan,” Ujarnya saat ditemukan diruang kerjanya, Rabu (04/12/2019).

Menurut Ruben, Hal ini penting untuk dilakukan, karena sebagai proses pengajaran bagi siswa mengenai kepemimpinan yaitu dengan memberikan program-program dan tupoksi yang jelas agar kedepan setelah mereka lulus dari Smansa Biak, dan melanjutkan ke perguruan tinggi, mereka sudah siap menghadapi/melakukan hal yang sama tentang kepemimpinan dan sudah mengerti akan tanggung jawab menjadi seorang pemimpin.

“Sekolah kami lebih mencanangkan sistem kepemimpinan yang baik, kami melakukan pemilihan ini dengan proses yang begitu mendetail, sehingga bisa menjadi pengalaman untuk mereka ke depan bagaimana tahapan/proses menjadi seorang figure pemimpin,” Tuturnya.

Ruben berharap, Ketua OSIS yang baru mampu membantu melaksankan program dengan baik, terutama bersama pihak sekolah untuk menata tentang tingkat karakter serta tingkat kedisiplinan, dan bisa melakukan pendekatan dengan siswa yang lain sehingga bisa mengurangi hal hal yang bertentangan dengan aturan sekolah.

“Ketua OSIS ini harus ada dan berperan dalam agenda sekolah baik rapat atau sosialisasi anggaran dari pihak sekolah kita harus hadirkan dia karena di sekolah ini kita harus melakukan transparansi di semua kegiatan,” Pungkas Kepsek Smansa Biak kota.

Sementara itu Ketua OSIS baru yang terpilih adalah Mariana Monalisa Marisan, merupakan siswa kelas 11 IPA 1.

Mariana mengaku mendapat pengalaman baru dari proses pemilihan Ketua OSIS Smansa Biak kali ini yang melibatkan pihak KPU, Ia bisa belajar tahapan tahapan untuk menjadi seorang pemimpin dengan menyampaikan visi misi juga bisa mengerti seperti apa proses pemilihan itu.

“Dengan adanya KPU Pada proses pemilihan kali ini, selain kami merasa terbantu, kami juga bisa tau proses pemilihan dari awal sampai penghitungan suara, apalagi kita ini sudah masuk usia pemilu usia 16 -18 tahun, jadi sekaligus kami bisa belajar tentang proses pemilihan,” Katanya.

Mariana berharap kedepan melalui visi – misinya yaitu menjadikan Smansa Biak sekolah yang be religius, be fun, be happy, be smart, ini bisa menciptakan sekolah yang bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan bisa menciptakan kedisiplinan yang lebih dalam lagi kepada siswa-siswi Smansa Biak kota.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.