Penutupan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan Ke-3

Lensapapua–  Pelaksanaan kegiatan Diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan ke-3 dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong, yang dimulai dari 30 Juni 2014 s/d 14 November 2014, (97 hari kerja) hari ini Jumat (14/11) resmi ditutup oleh Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Sorong. Jumat (14/11).

Laporan ketua panitia, Johana R.Marie.Pinakunary,SE. Dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar hukum penyelenggaraan Diklat ini sudah sesuai dengan Undang-Undang maupun Peraturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Adapun tujuan dan sasarannya, untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural Esalon IV yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemimpinan diinstansi masing-masing,  serta untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan Struktural Esalon IV, dan mampu membuat perencanaan kegiatan diinstansi serta berhasil dalam meng-implementasikannya.

Menurut Johana, dari 30 orang peserta yang mengikuti Diklat,  terdiri dari pejabat Esalon IV dan staf dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong yaitu 15 orang pria dan 15 orang wanita, yang keseluruhan peserta diasramakan serta diberikan kegiatan penunjang kesehatan jasmani/rohani sebanyak 14 JP.

Dengan mengundang tenaga pengajar/isntruktur dari Widyaswara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI pusat, Widyaswara dari Kemendagri, Widyaswara dari Badan Diklat provinsi Papua Barat dan pejabat structural dari lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sorong.

Ditambahkan Johana, dalam pelaksanaan Diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan ke-3 ini, sistim penilaian nya terdiri dari dua kriteria yaitu : Perencanaan Inovasi, jenis perubahan, cakupan manfaat perubahan, kejelasan perubahan, peta Stakeholder dan Manajemen perubahan yang meliputi: jumlah kegiatan untuk memobilisir dukungan, pernyataan dukungan dan capaian tahapan perubahan.

Maka berdasarkan kriteria penilaian dan presentasi hasil implementasi proyek perubahan masing-masing peserta, yang dinyatakan lulus adalah 99% dengan kualifikasi: Lulus sangat memuaskan 1 orang, Lulus memuaskan sebanyak 10 orang, Lulus cukup memuaskan 10 orang, Lulus kurang memuaskan 8 orang dan tidak lulus 1 orang karena tidak mengikuti kelanjutan Diklat PIM.

Dengan demikian, disampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah turut berpartisifasi atas terselenggaranya kegiatan ini hingga pada penutupannya, kata Johana. (Red)

Exit mobile version