Pendidikan Menjadi Prioritas Utama Bupati Biak Numfor, Siapkan Generasi Emas 2045

Lensapapua, Biak – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melaksanakan Seminar Nasional yang melibatkan pelajar, mahasiswa, guru, cendikyawan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan ASN di Kabupaten Biak numfor. Mengangkat tema “Menatap 2045 Indonesia yang religius, berkarakter dan berbudaya” dengan Pembicara utama yaitu Bupati Kabupaten Biak numfor Herry Ario Naap. S. Si,. M. Pd.

“Melalui seminar ini, kami menarik kesimpulan bahwa pendidikan adalah prioritas utama dalam mewujudkan Biak nunfor yang religius, berkarakter dan berbudaya menuju generasi emas 2045,” Ujar Bupati saat ditemui usai seminar di Gedung Dharma Wanita Biak, Kamis (15/8/2019).

Saat ini Kabupaten Biak numfor masih kekurangan tenaga pendidik, menurut data jumlah guru SD yang ada di Biak numfor yakni kurang lebih 361 guru sementara untuk guru smp ada sekitar 364 guru.

Bupati menambahkan kekurangan guru ini menjadi sebuah pergumulan besar bagi pemerintah kabupaten untuk menatap 2045, untuk mendapatkan sumber data manusi (SDM) yang unggul, pemerintah daerah harus berani melakukan sebuah kebijakan program untuk mengisi kekosongan guru dengan melakukan rekrutmen tenaga guru atau guru honorer.

“Saat ini ada beberapa perubahan yang terjadi sehingga tenaga guru kontrak belum kami fungsikan untuk melaksanakan tugas di sekolah sekolah, seperti persoalan utama adalah insentif guru kontrak yang kami alokasikan lewat dana otsus namun pada kondisinya saat ini kita mengalami pengurangan dana otsus yang hampir mencapai 70%,” Ungkapnya.

Dengan pengurangan dana otsus ini, Pemkab Biak numfor sedang merubah dokumen perencanaan dalam APBD perubahan untuk mengalihkan sebagian kembali ke Dana Alokasi Khusus (DAK) dan sebagian ke Dana Alokasi Umum (DAU) untuk membiayai guru kontrak yang ada di Kabupaten Biak numfor.

“Itu juga adalah salah satu langkah untuk mengisi kekurangan guru di biak numfor, hal ini merupakan bagian dari rencana kerja pemerintah daerah untuk mewujudkan SDM yang unggul,” ucap Bupati.

Selain itu seminar yang di lakukan di Biak numfor ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Bupati Biak numfor yang diundang sebagai narasumber pada Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia pada tanggal 29 agustus 2019 di Jakarta.

Tema Seminar Nasional yang di gelar oleh PWI di Jakarta adalah “Mimpi Tokoh Muda Menuju Indonesia Emas”.

“Dalam Seminar ini kami berbicara megenai program dan mimpi kami sebagai pemimpin muda atau apa yang menjadi prioritas kami dalam menuju Indonesia emas 2045, sesuai tema kita menatap 2045 Indonesia yang religius, berkarakter dan berbudaya,” Pungkas Bupati.(red/rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.