banner 728x250

Pendidikan Kepramukaan Wajib Ekstrakurikuler Di Sekolah

banner 120x600
banner 468x60

Ir.M.L.Rumadas,M,Si.Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua Barat

Lensapapua-   Acara pengukuhan dan Pelantikan pengurus Kwartir Cabang 3302 Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Sorong periode 2014-2019, dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Sorong.Kamis 10/7.

banner 325x300

Ketua kwartir daerah gerakan Pramuka Papua Barat Ir.M.L.Rumadas M,Si. Dalam sambutan nya mengatakan,  musyawarah cabang gerakan pramuka Kabsor yang mengangkat tema ‘Menyongsong pelaksanaan pendidikan kepramukaan disekolah sebagai ekstrakurikuler wajib” Merupakan dukungan konkrit gerakan Pramuka dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yang akan dimulai pada tahun ajaran 2013/2014.

“Menjadikan pendidikan kepramukaan masuk dalam kegiatan wajib ekstrakurikuler,dan kurikulum baru ini akan dimulai pada tahun ajaran 2014/2015’. Jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pendidikan non formal dan informal sangat diperlukan,karena pada hakekat nya membekali peserta didik lebih pada aspek inteligensia dan sedikit aspek non inteligensia.Sedangkan pendidikan non formal dilakukan didalam keluarga atau dirumah. Imbuhnya.

Ditambahkannya bahwa gerakan Pramuka juga berperan penting dalam pendidikan karakter,Dengan berusaha sungguh-sungguh,sistematik dan berkelanjutan untuk membangkitkan dan menguatkan kesadaran “bahwa tidak ada masa depan yang lebih baik tanpa membangun dan menguatkan karakter bangsa Indonesia”.Masa depan yang lebih baik tidak akan terwujud tanpa adanya kejujuran,meningkatkan disiplin diri,gigih,semangat belajar yang tinggi,mengembangkan semangat rasa tanggungjawab,memupuk persatuan ditengah-tengah kebinekaan serta memiliki rasa optimisme yang tinggi.

Untuk itulah pentingnya peranan stakeholders dalam pendidikan kaum muda.Karena persoalan kaum muda biasanya muncul diluar sekolah dan diluar rumah,sehingga pendidikan kaum muda tersebut menjadi tanggungjawab kita semua. Tegasnya.

Kita berharap gerakan Pramuka dapat menjadi jawaban,pilihan  dan solusi masalah kaum muda.Dan pendidikan kepramukaan harus dapat menjawab tuntutan kualitas sumberdaya manusia mendatang yang membutuhkan good character dalam mengelola bangsa Indonesia ini. Terangnya. (Red)

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.