Site icon Lensapapua.com

Pendidikan Formal Berpengaruh Pada Tingkat Perubahan Status Sosial

Lensapapua– Masyarakat suku Moi Klabra harus terus membangun kerbersamaan dalam segala aspek. Hal ini perlu adanya kerja keras bagaimana bisa mengubah strata sosialnya di kalangan masyarakat itu sendiri.

Demikian penjelasan Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, M.Si di hadapan ketua suku, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat setempat, dalam suatu kegiatan musyawarah besar pertama yang berlangsung di Aimas, Jumat (14/2).

Kita harus berupaya membangun disiplin dari kita sendiri bagaimana bisa memiliki keinginan dalam mengubah tingkat status sosial kita dan bukan datangnya dari pihak lain, katanya.

Yang pertama perlu dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Dengan pendidikan yang baik  dan mampu memenuhi standar kualitas sumber daya manusia yang cukup memadai, maka secara otomatis akan berpengaruh pada suatu tingkat perubahan status sosial yang bisa membuat orang merubah tatanan hidupnya.

Bupati menjelaskan,  banyak orang yang berhasil, pertama  karena pendidikannya memadai dibarengi dengan disiplin dalam segala hal. “Jika hal itu kita jalankan dengan baik, maka niscaya apa yang menjadi harapan dan impian itu bisa terwujud,” katanya menambahkan.

 Selain itu terus membangun rasa  kebersamaan. Jika  ada warga yang masuk menjadi calon anggota legislatif (caleg), misalnya, maka kita harus mendukung sepenuhnya. “Jangan terkesan banyak yang maju menjadi caleg dan akhirnya suara terbagi, bahkan tidak memperoleh satu kursi pun sesuai harapan,” ingatnya.

Sesuai dengan pengamatannya selama ini, khusus bagi masyarakat suku Moi Klabra sudah menempati posisi-posisi yang bagus, baik di birokrasi, LSM dan lainnya. Ini pertanda ada suatu kemajuan. Hal itu perlu ada peningkatan dari waktu ke waktu. harap Bupati Sorong di penghujung sambutannya.(rim/Red)

 

Exit mobile version