Pemkab Sorong Cari Format Bantu Siswa SLA

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Pelimpahan kewenangan pendidikan khususnya Sekolah Lanjutan Atas (SLA) kepada

provinsi menimbulkan polemik di pemerintah tingkat kabupaten/kota.

banner 325x300

Pasalnya, para pelajar yang bersekolah di daerah merupakan warga kabupaten/kota setempat yang sekaligus menjadi tanggung jawab pembangunan pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Sorong, Johny Kamuru usai menyerahkan bantuan dana BOS dan BOSDA kepada siswa-siswi SD dan SMP se-Kabupaten Sorong, Selasa (21/8/2018).

“Pemerintah Kabupaten Sorong tidak bisa mengambil inisiasi tindakan membantu putra-putri màsyarakat Kabupaten Sorong karena akan berbenturan dengan regulasi atau undang-undang yang sudah ditetapkan”, terang Johny Kamuru.

Ia mengaku sudah menyampaikan masalah tersebut kepada Presiden tentang pelinpahan kewenangan sejumlah sektor kepada pemerintah provinsi seperti, pertambangan, kehutanan dan pendidikan jenjang SLA.

“Sudah ada respon positif dari presiden dan regulasi tentang hal tersebut sedang dikaji ulang. Sementara itu kami tengah mencari format yang tepat untuk membantu putra-putri Kabupaten Sorong khususnya jenjang SLA agar mereka juga dapat menikmati pembangunan seperti para pelajar jenjang SD dan SMP”, beber Kamuru.

Johny Kamuru menyatakan kesiapan Pemerintah Kabupaten Sorong jika sewaktu-waktu regulasi pelimpahan kewenangan itu direvisi dan dikembalikan kepada pemerintah kabupaten/kota setempat.

“Sangat siap. Karena sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sorong sudah menerapkan pembangunan pendidikan di semua jenjang pendidikan salah satunya adalah sekolah gratis dari pendidikan dasar hingga tingkat atas”. Pungkas Bupati Sorong. red

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.