Pelatihan Tenun Ikat Warisan Budaya Nusantara

banner 120x600
banner 468x60
Kepala Baperlitbang Kabupaten Sorong saat menyerahkan bahan tenunan

Lensapapua – Bertempat di Balai Kampung Fafi, Distrik Mariat, PJ Bupati Sorong Yan Piet Moso yang diwakili oleh Asisten III Kepas Kalasuat S.Pd.,M.Pd membuka kegiatan peningkatan kapasitas sumber data lembaga penyedia layanan. Pemberdayaan perempuan ” dengan kegiatan pelatihan tenun ikat”

 

banner 325x300

Beliau menyampaikan bahwa Untuk mencapai SDM perempuan OAP yang bermutu dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak , khususnya keterlibatan Dinas terkait.

 

Pembentukan SDM yang berkualitas harus dimulai sejak dini. SDM yang berkualitas berperan penting dalam mempersiapkan demografi yang berkontribusi, Pada bidang ekonomi, politik dan peningkatan kesejahteraan. 31/07/2023

 

Kain tenun ikat sebagai salah satu warisan budaya Nusantara yang mempunyai banyak fungsi dan manfaat dalam masyarakat.

 

Pada dasarnya kain tenun digunakan masyarakat hanya sebagai penutup tubuh, tapi fungsi kain tenun ini akan berkembang seiring dengan perkembangan kebudayaan dan teknologi.

Asisten III Setda Kabupaten Sorong

Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat berlatih kepada perempuan OAP dan jadilah perempuan Papua yang berkualitas diberbagai aspek kehidupan berbangsa dan bermasyarakat serta mampu bersaing dan berkontribusi dalam pembangunan bersama pemerintah Kabupaten Sorong dalam menciptakan perempuan OAP yang mandiri serta berkualitas dalam Membangun tanah malamoi, kabupaten Sorong yang kita cintai ini.

 

Kepala Dinas P2KBP3A Fery Fatem dalam laporan panitianya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk agar para Perseta pelatihan dapat mempunyai pengetahuan tentang pembuatan tenun ikat. Dan menambah nilai ekonomi dalam meningkatkan kualitas keluaraga. Meningkatkan SDM yang terampil dan handal.

 

Dilaksanakan dikampung fafi, Distrik Mariat dan berlangsung selama 15 hari yang mana Peserta terdiri dari masyarakat dari 6 kelurahan di Distrik Mariat.

 

Kepada peserta jika ada yang kurang jelas, diharapkan dapat bertanya kepada instruktur. Dan juga Kepada kepala kampung dan kepala distrik diharapkan agar dari kegiatan ini juga kedepannya ada kelanjutannya yang bisa difasilitasi dari pihak kampung dan Distrik.

 

Kiranya apa yang telah kami upayakan dan berikan pelatihan ini selama 15 hari ini di berkati oleh Tuhan.(BY/red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.