Kehadiran Dunia Pendidikan Non Formal Sangat Penting

Kabid PNF Kab Sorong.Kepas Kalasuat,S.Pd.M,Si.

Lensapapua–  Pendidikan formal sangatlah penting bagi setiap Manusia,Untuk meningkat pengetahuan,bahkan untuk zaman sekarang ini banyak para siswa berusaha mengikuti pendidikan tambahan/ekstrakurikuler/Les  untuk menambah pengetahuannya pada bidang-bidang lainnya.Keberhasilan yang digapai tentunya juga harus disertai dengan tanda kelulusan atau Ijazah maupun sertifikat.

Akan tetapi jika tidak berhasil tentu tanda kelulusan atau Ijazah tersebut tidak dapat kita miliki,atau mungkin juga kita sudah memiliki Ijazah tetapi hilang dikarenakan sesuatu hal.Sehingga untuk mengatasi hal tersebut,kehadiran  dunia pendidikan non formal sangat dibutuhkan dan penting artinya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Sorong, Kepas Kalasuat, S,Pd.M,Si.Mengatakan, kegiatan dalam Pendidikan non formal seperti paket A,paket B maupun paket C, biasanya dilaksanakan 2 kali setahun,yakni pada bulan Agustus dan bulan April.Demikian penyampaiannya saat diwawancarai Media ini. Rabu 27/8.Diruang kerjanya.

Kemudian para peserta yang menginginkan Ijazah melalui ujian paket A,B dan paket tersebut didaftar lewat Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) Yang khusus menangani paket A,B,C tersebut.Kemudian  nama-nama peserta yang sudah terdaftar dikirim ke Provinsi untuk mendapatkan nomor peserta ujiannya,lalu dibagi sesuai dengan asal wilayah atau rayon mana peserta itu untuk dapat dilatih PKBM tersebut. Jelas Kalasuat.

Lebih rinci dijelaskannya bahwa, untuk ujian paket C dilaksanakan bersamaan dengan ujian Nasional bagi SLTA Formal yang biasanya pelaksanaannya selama 3 hari, setelah SLTA selesai melaksanakan ujian Nasional pagi hari, kita lanjut dengan ujian paket C pada siang harinya.Demikian juga dengan paket B dan paket A,disesuaikan dengan masa ujian Nasional dari SMP dan SD tersebut.Terang nya.

Kalasuat menegaskan bahwa Ijazah paket ABC ataupun PNF ini adalah ijazah Negeri yang dikeluarkan oleh Pemerintah,Maka ijazah ini Sah atau  resmi diakui oleh Negara.Oleh karena itu kalau ada orang yang mengatakan bahwa “Ijazah paket AB dan C tidak berlaku”, itu tidak benar. Ijazah ini Sah dikeluarkan oleh Negara. Tegasnya.

Dengan adanya ujian paket AB dan C atau PNF ini, secara tidak langsung kita sudah membantu orang-orang atau para Siswa yang tidak memiliki ijazah,terlepas dulunya mereka itu memiliki ijazah atau pun tidak,atau mungkin karena hilang ataupun terbakar,Yang pasti kita tidak boleh menghambat nasib atau masa depan mereka hanya karena ketidak memiliki ijazah. Pungkasnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.