Kampung Mambesak Anggarkan Dana Desa Bangun PAUD Kober Samparisna

Kepala Kampung Mambesak Distrik Biak Utara Papua, Pithein Kafiar
Kepala Kampung Mambesak Distrik Biak Utara Papua, Pithein Kafiar

Lensapapua, Kepala Kampung Mambesak Distrik Biak Utara Papua, Pithein Kafiar terlihat begitu bersemangat ketika di datangi Awak Media ke kampungnya, dalam kesempatan ini Pithein menunjukan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) yang akan di bangun di Kampungnya yakni Paud Kober Samparisna, Minggu (24/02/2019).

Pithein menjelaskan Paud ini mulai aktif di tahun 2016 lalu namun masih di kelola oleh PAUD Jemaat setempat, sampai dengan Bulan Januari tahun 2019 kurang diperhatikan oleh Jemaat dan pemerintah Kampung, sehingga oleh sidang jemaat di kembalikan ke pemerintah Daerah untuk dikelola.

“Maka pada tanggal 25 Januari 2019 lewat musrembang saya telah sahkan PAUD Samparisna sekaligus dengan pelantikan 10 orang tutor, setelah dilantik saya pinjam ke gedung serbaguna gereja GKI Damai Nermu
kepada majelis dan ketua Jemaat untuk menggunakan gedung ini sementara sebagai ruang belajar Paud ini,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa nantinya untuk pembangunan gedung belajar Paud Kober Samparisna akan di masukan dalam rencana anggaran kampung dan saat ini tinggal menunggu pencairan dana kampung keluar maka proses pembangunan gedung Paud serta operasinalnya akan segera dilaksanakan.

“Saya pinjam ke majelis dan ketua Jemaat untuk Gedung Serbaguna Gereja bisa digunakan sementara untuk tempat belajar Paud, menunggu dana kampung keluar Saya akan bangun gedung PAUD nya untuk anak-anak, saya sudah anggarkan dalam rencana anggaran kampung untuk pembangunan PAUD serta operasional ke PAUD, tutur Pithein.

Saat ini Jumlah Siswa di Paud Kober Samparisna ini berjumlah 46 anak, yang dikelola oleh ibu Yustina Kafiar dan bapak Anton kafiar selaku sekretaris distrik, anak-anak selalu datang ke sekolah dengan semangat dan kemauan yang tinggi untuk belajar walaupun dengan berbagai keterbatasan yang di hadapi.

Kepala Kampung mengaku sudah menyampaikan permohonan fasilitas penunjang belajar Paud ke pihak SKB Biak Numfor bahwa Paud Samparisna ini baru dibentuk dan belum memiliki fasilitas yang lengkap sehingga ia berharap ada bantuan dari pemerintah dalam hal ini dinas terkait pendidikan.

“Saya sudah sampaikan kepada ibu kepala Sanggar Kegiatan Belajar Biak Numfor untuk mendapatkan bantuan, dan direspon baik oleh dinas terkait yang meminta agar kami segera memasukkan profil dan Proposalnya sehingga bisa mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Harapannya kepada pemerintah daerah agar bisa membantu untuk sarana dan perlengkapan daripada Paud, membantu pembangunan Paud yang akan direncanakan dalam Kampung ini, serta bantuan fasilitas sarana permainan untuk anak-anak. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.