Kadis Kominstaper Minta Para Staf Belajar Bahasa Moi Kelim

Lensapapua–  Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik  dan Persandian( Kominstaper)  Marthen Nebore. S. Sos. M. Si.,  meminta kepada jajaran ASN (Aparatur Sipil Negara)  di lingkungan kerjanya harus  dari sekarang memulai belajar Bahasa Moi Kelim, sesuai dengan instruksi dari Bupati Sorong pada acara deklarasi pencanangan  kegiatan tersebut kemarin, ujarnya, saat apel pagi, Selasa (22/1) di Aimas.

 

“Tak ada kata terlambat kalau secara perlahan kita mau memulai untuk belajar, karena pada setiap hari Kamis atas instruksi Bupati Sorong ASN  di lingkungan Pemda menggunakan bahasa daerah tersebut sebagai suatu bentuk  kearifan lokal. Kalau tidak demikian dengan jumlah penuturnya semakin berkurang jangan sampai bisa punah dari Tanah Moi ini,” imbau Marthen.

 

Pada kesempatan itu, Nebore meminta agar dengan keterbatasan  buku saku kamus Bahasa Moi Kelim itu bisa diperbanyak. Mengingat kamus yang dibuat tim penyusun tersebut sangat terbatas, yakni hanya 500 buku saja.

 

Apalagi kita di Dinas Kominstaper ada pegawai anak asli Moi. Nah, di sini kita bisa bertanya kalau temui hal-hal yang kurang dipahami, sehingga secara perlahan pasti bisa, ujarnya optimis.

 

“Jadi mulai sekarang kita bisa memulainya. Tidak perlu harus takut salah ucap (lafal), dan sepanjang itu ada niat pasti mampu mengkomunikasikan, dan soal salah  dalam bertutur itu hal yang lumrah saja,” harap Nebore. (Red/rim)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.