Jaring Bakat Siswa SMP se-Kabupaten Sorong Untuk Ikuti lomba Olimpiade Sains Ditingkat Nasional

Lensapapua–   Wakil Bupati Sorong Suko Harjono, S.Sos. M.Si., secara resmi membuka kegiatan pembukaan penjaringan bakat dan prestasi siswa tingkat SMP tahun 2019, yang dilaksanakan digedung SMP N I Aimas Kabupaen Sorong. Jumat (15-3/19)

 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Suko Harjono mengatakan, dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045, dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik, pemerintah mendorong peningkatan Literasi dasar, kompetensi berpikir, kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

 

Pemerintah melalui kementerian P dan P pada tahun ini menyelenggarakan kegiatan kesiswaan secara berjenjang. Mulai dari tingkat sekolah dasar kabupaten, provinsi dan nasional sebagai implementasi dari Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 dan Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

 

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Gala Siswa Indonesia (GSI) dan Festival Literasi Siswa (FLS). Jelas Suko.

 

Sejak mengalami perubahan dan peningkatan pada tahun 2016 hanya diperuntukkan pada tingkat SMP saja, tetapi pada tahun 2019 atau tahun ketiga, anak-anak siswa dari MTs juga sudah terlibat dalam kesiswaan, khususnya pada lomba Olimpiade Sains Nasional, sesuai petunjuk pelaksanaan kegiatan lomba OSN tahun 2019.

 

Hal ini merupakan bentuk sinergitas  antara para pemangku kepentingan pendidikan, kementerian P dan P dan kementerian Agama, dengan harapan kedepan anak-anak siswa SMP dapat dilibatkan.

 

Tujuan kegiatan lomba secara khusus lomba OSN yang akan dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia pada hari Sabtu 16 Maret 2019 adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dibidang sains yang ber azaskan pendidikan karakter yang religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas.

 

Serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif serta  mencintai dan meningkatkan mutu pelajaran dibidang Matematika, IPA, IPS.

 

Kemudian dari lomba OSN kali ini nantinya akan menjaring para juara 1, 2, 3 dari Kabupaten Sorong masing-masing untuk mata lomba Matematika, IPA dan IPS. Untuk mengikuti lomba ketingkat provinsi Papua Barat yang akan dilaksanakan pada 13 April 2019. Sebagaimana yang terjadi selama ini bahwa Kabupaten Sorong selalu menjadi wakil dari Papua Barat ditingkat nasional. Beber wakil Bupati.

 

Wakil bupati Sorong berharap, ditahun 2019 ini jangan hanya dua sekolah saja, tetapi semua SMP/MTs harus turut mengikuti lomba ketingkat nasional. Pinta Suko. Red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.