Hilangnya Unsur Hara Akibatkan Tanah Tidak Subur

Lensapapua–  Kepala dinas perkebunan Kabupaten Sorong, Ir. Saidnur, M,Si. mengemukakan, menyangkut dengan bidang pertanian yakni hilangnya unsure hara sehingga bisa menyebabkan tanah tesebut menjadi tidak subur. Ujarnya Selasa,  (07/7)

Kaitan dengan kawasan pariwisata yang masuk dalam kawasan KEK, menurut Said, prakiraan dan evaluasi dampak penting pada pengoperasian industri Arar, persepsi masyarakat bisa berdampak negative, padahal munculnya kegiatan industri itu akan menimbulkan persepsi masyarakat menjadi positif.

Karena jika dikaitkan dengan tenaga kerja, maka akan dapat menyerap tanaga kerja yang lebih banyak lagi, dan tentu dengan sendirinya akan menaikkan perekonomian dari masyarakat itu sendiri.

Kemudian dari sisi pembukaan lahan akan terjadi penurunan kwalitas air permukaan, sementara tertier terjadi akibat adanya erosi permukaan, oleh sebab itu menurut Said hal ini penting untuk diakomodir atau dimasukkan dalam rencana pengembangan KEK untuk dicarikan jalan keluarnya.

Dengan demikian, kawasan industri ekonomi yang berada pada wilayah yang sudah terbuka,  akan tumbuh suatu pusat pertumbuhan baru dan dipastikan akan mendapatkan multiplayer effek yang sangat besar, baik itu dampak langsung maupun tidak langsung, bahkan bisa menjadi penyeimbang maupun penerobos untuk mendorong ketertinggalan dari sisi pembangunan diwilayah tengah ataupun bagian barat Indonesia lainnya, terang Said (Red)

Exit mobile version