Fakultas Kedokteran Unipa Sorong Sangat Dibutuhkan Di Tanah Papua

Robert Jopy Kardinal, Saat Berada di Kampus FK Unipa

Lensapapua – Anggota Komisi IV DPR- RI Robert Jopy Kardinal mengatakan, khusus untuk Fakultas Kedokteran Unipa Sorong sangat dibutuhkan di tanah Papua, sehingga dengan adanya fakultas tersebut, kita bisa menghasilkan para dokter yang ada di Papua, ujarnya saat meninjau langsung pembangunan kampus di Distrik Mariat, Sabtu (13/8).

Jika kalau tenaga dokter yang berasal dari luar Papua akan sulit untuk bertahan lama di sini, dan memang tidak menutup kemungkinan ada juga para dokter yang boleh dikatakan super ada juga yang betah di Papua. Tapi kalau normalnya lebih banyak mereka lebih memilih dekat sama keluarga di daerah asalnya saja, aku Robert.

Kalau kita sudah punya kampus jelasnya anak kita yang ada di Papua umumnya bisa melanjutkan studinya di sini saja, tapi terpenting dibarengi dengan kualitas pendidikannya juga baik pula. Sehingga output-nya bisa memberi azas manfaat dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat.

Ia menambahkan,  tadi sempat saya bicarakan dengan Bupati Malak agar di daerah ini juga bisa membangun sekolah unggulan, sehingga ketika proses belajar mengajar itu berjalan kita sudah bisa ketahui kemauan dan kemampuan  anak itu  kemana. Entahlah, dia bisa juga ada yang ingin masuk menjadi  taruna Akpol (akademi kepolisian),kita bisa minta bantuan aparat Kepolisian untuk ikut membina, jika anak itu mau masuk pendidikan di  Akpol misalnya.

Begitu pula ada yang ingin menjadi taruna Akmil (akademi militer) kita bisa minta bantuan dari TNI untuk memberi suatu motivasi  agar para remaja kita bisa menjadi anggota, baik angkatan darat, laut maupun angkatan udara.

”Pendidikan harus dikejar apapun  bentuknya memang harus kita lakukan, demi kemajuan daerah terlebih lagi  bagi di Papua dan Papua Barat ini,” ucap Robert Kardinal putra kelahiran Sorong 7 April 1960 silam. (rim/red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *