Dinas Pariwisata Tugasnya Membina Berbagai Kelompok Budaya

Stepanus Malak

Lensapapua – Bupati Sorong Dr. Stepanus Malak, M.Si, mengatakan Dinas Pariwisata dan Budaya tugasnya membina berbagai kelompok budaya yang ada. Tugas kita bukan mengeksplor tapi lebih penting lagi membina, ujarnya di Aimas, Senin (16/3).

Mengapa demikian, karena budaya memiliki banyak komponen dan bukan hanya satu saja. Jadi dalam seni itu sendiri ada musik tradisional, tari-tarian, melukis, dan ada berbagai seni budaya lainnya. Maka perlu ada suatu pembinaan yang baik dari instansi teknis terkait, sehingga semuanya bisa hidup, katanya.

“Sebenarnya sasaran utama bukan untuk dieksplor tapi itu semua yang akan dijual langsung oleh masyarakat.”Budaya memang ada yang bersifat dinamis dan ada pula yang tidak.

Jadi tari-tarian adat ini kalau sudah dimodifikasi secara baik maka akan menjadi modern. Jika itu dijadikan objek maka itu menjadi suatu potensi, ujar Bupati Malak.

Apabila hal itu masih berada pada masyarakat adat maka tentu tidak bisa berkembang, tetapi kalau budaya itu dinamis dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman, maka dengan sendirinya akan menjadi suatu nilai positif dalam memajukan budaya itu sendiri.

Misalnya, ada lagu-lagu  daerah Jawa  bagi kita yang tidak mengerti, dan bisa saja itu hal yang biasa dan hanya sebatas tradisinya saja. Tapi jika hal itu menjadi suatu kasanah kekayaaan budaya daerah yang sudah dikenal maka akan menjadi suatu nilai budaya memiliki nilai jual yang tinggi, tambahnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.