Dijamin JKN-KIS Elis Sadar Pentingnya Menjaga Kesehatan

Lensapapua –  Elisabeth Lahea (41) seorang ibu rumah tangga yang saat ditemui di RSUD Sele be Solu Sorong sebagai pasien infeksi saluran kemih, ia menyambut kedatangan tim Jamkesnews dengan hangat.

 

Senyumnya yang terlihat ceria dengan ramah tersebut seperti sedang tidak mengalami sakit saat diajak berbincang-bincang oleh tim Jamkesnews, Senin (04/03).

 

Elisabeth yang merupakan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dari Perusahaan tempat sang suami bekerja sejak 2015 yang lalu menceritakan pengalamannya dalam merasakan manfaat Program JKN-KIS.

 

“Awalnya saya merasakan nyeri diperut dan seluruh badan panas, saya tahan selama 2 hari dan akhirnya dilarikan ke UGD dan dirawat inap. Ternyata dokter mendiagnosa ada infeksi saluran kemih karena saya suka menahan buang air kecil.

 

Cukup mengagetkan juga, saya selama ini sehat-sehat saja, kami awalnya sempat bingung soal biaya karena pastinya bisa berhari-hari dirumah sakit, dan syukurlah kami punya kartu JKN-KIS dan semuanya dijamin tanpa tambahan biaya sedikitpun,” ujar wanita yang biasa dipanggil Elis ini.

 

Elis mengaku setelah didiagnosa oleh dokter, ia jauh lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh terutama dalam mengonsumsi air putih yang banyak dan tidak menahan buang air kecilnya.

 

“Dulu saya suka meremehkan pentingnya meminum air putih, setelah ini saya jadi lebih sadar bahwa hal sekecil apapun seperti air putih saja bisa membuat seseorang sakit seperti ini.

 

Untungnya kami punya telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS yang selalu ada disaat membutuhkan, asal sesuai prosedur dan membayar iuran tepat waktu, kami yakin akan dijamin seluruh pengobatannya,” katanya sambil tersenyum.

 

“Selama 3 hari dirawatpun saya mendapatkan perawatan dan pelayanan yang baik dari petugas bahkan dokter di rumah sakit, saya jadi lebih paham bagaimana cara menjaga pola hidup setelah bertanya-tanya ke dokter dan perawat, rasanya tidak henti-hentinya bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS ini karena pelayanan yang diberikan sangat baik,” tambahnya.

 

Elis juga menghimbau agar seluruh masyarakat terutama peserta JKN-KIS dapat menjaga kesehatan masing-masing agar kedepannya semakin banyak masyarakat dengan pola hidup sehat dan semakin minim masyarakat yang sakit.

 

Meskipun sudah menjaga kesehatan dengan baik, Elis juga menghimbau agar masyarakat tetap membayar iuran secara tepat waktu untuk menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS dan jika sewaktu-waktu mengalami sakit. (Red- TR/ws)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.