Berpuasa Harus Dibarengi Dengan Iman

Lensapapua – “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dan puasa itu karena iman maka Allah SWT akan menghapus dosa-dosa yang masa lampau.” Artinya,  dalam setahun kita hidup, yang 11 bulan aktivitas kita tak terkontrol baik kegiatan bersifat positif atau sebaliknya, jelas Ketua MUI Kabupaten Sorong H. Ahmad Anderson Miage, S.Pd.I, M.Pd, di Salawati, Rabu (24/6) malam.

 Namun demikian Allah SWT beri suatu kemudahan kepada umat Islam, yaitu bulan Ramadhan. Tujuannya untuk menghapus dosa-dosa umatnya yang menjalankan Rukun Islam ke-4, yakni menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

 Lanjut Miage,  untuk menghapus dosa tapi ada syaratnya, yakni tidak semaunya sendiri. Makanya di bulan Ramadhan itu dibagi menjadi tiga bagian.

 Pertama, bulan Ramadhan itu penuh dengan berokah, yaitu tanggal 1-10. Yang biasanya makan di rumah sendiri-sendiri, tapi saat puasa kita makan sama-sama seperti apa yang kita lakukan malam ini, katanya.

 “Maksudnya Rakhmad Allah itu diberikan kepada siapapun.” Kedua, tanggal 11-20 penuh dengan makhfirat atau penuh dengan pengampunan. Makanya ini indahnya Islam atau di bulan Ramdhan yang penuh berokah ini, tutur Miage, karena sudah tiba saat untuk berbuka puasa bersama.(rim/Red)

Exit mobile version