Bawaslu Gelar Sosialisasi Bagi Panwaslu Distrik se-Kabupaten Biak Numfor

banner 120x600
banner 468x60

Lensapapua, Biak – Untuk membekali Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Distrik se-Kabupaten Biak Numfor, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Biak Numfor menggelar sosialisasi pengawasan pemilu, di Hotel Mapia Biak, Kamis (04/10/18).

banner 325x300

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Biak Numfor Simon Yason Mandowen, mengatakan untuk pengawasan tahapan kampanye sudah terlaksana sekarang ini dan akan berlangsung cukup lama sehingga Panwaslu perlu untuk melakukan sosialisasi ini.

 

“kami membuat sosialisasi ni untuk membekali panwas distrik karena mereka yang ada di lapangan. Banyak aturan di dalam thapan pemilu yakni Peraturan KPU dan UU trkait larangan – larangan terkait baliho, dan banyak hal lainya yang harus di awasi.” tuturnya.

 

Menurutnya, Untuk baliho dalam UU dan peraturan KPU itu tidak terinci ttapi menyangkut aturan itu sudah diatur. tetapi teknis pemasangan di lapangan itu Sesuai dengan kesepakatan antara KPU dengan partai politik.

 

“Tetapi pada intinya di dalam undang-undang itu melarang bahwa Baliho alat peraga kampanye yang di pasang di sarana tempat ibadah, serta sarana-sarana pemerintahan juga.” Ujar Simon.

 

Ketua Bawaslu menambahkan, untuk sarana pendidikan baliho dan alat peraga kampanye (APK) juga dilarang, terutama seperti bahan kampanye seperti selebaran poster juga dilarang untuk ditempel di jalan-jalan protokol.

 

“Kami perlu sosialisasi kepada teman-teman Panwas distrik untuk lakukan pngawasan terhadap APK, kami dari Bawaslu  juga diberi kewenangan untuk menangani pelanggaran-pelanggaran itu,” tegasnya.

 

Dihimbau kepada masyarakat agar bisa membantu juga dalam pengawasan pelaksanaan kampanye. Pada intinya bahwa ketika masyarakat mendapat atau menemukan adanya pelanggaran dalam kampanye, maka kami Panwaslu mengajak masyarakat juga untuk ikut terlibat aktif ketika melihat adanya dugaan pelanggaran.

 

Seperti yang tertulis dalam perbawaslu 7 nomor 7 tahun 2018 tentang penanganan laporan yang terjadi kalau misalkan Ada dugaan pelanggaran yang indikasinya pidana maka panwas Distrik bisa lapor kepada Bawaslu untuk di tindak lanjuti. (Red/Rin)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.