Anggota DPR-RI Tony Wardoyo Sosialisasikan 4 Pilar MPR Bagi Pemuda Timika

Tony Wardoyo dihadapan peserta sosialisasi di Timika.

Lensapapua, Timika –  Anggota DPR /MPR Tony Wardoyo mengatakan Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) sangat berhubungan erat dengan generasi muda mahasiswa Indonesia.

Menurut Anggota komisi VII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan ini, kaitannya berawal dari perjuangan bangsa Indonesia tidak terlepas dari pergerakan pemuda dan pemudi dari perjuangan merebut kemerdekaaan hingga sampai reformasi 1998 merupakan perubahan yang sangat penting dan luarbiasa.

Maka pemahaman dan implementasi terhadap Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika , harus semakin menumbuhkan jiwa kesadaran akan pentingnya empat hal tersebut bagi negara juga rakyat Indonesia khususnya pemuda sebagai generasi bangsa dan negara.

Hal tersebut dipaparkan Tony Wardoyo di hadapan 150 lebih generasi muda peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR, yang terdiri atas para mahasiswa Politeknik Ammapera , STIE Jembatan Bulan dan dari Universitas Timika, para dosen perwakilan sekolah tinggi, juga para masyarakat umum, Selasa (26/3/2019).

“Untuk itu, menjadi sangat penting generasi muda mahasiswa Indonesia era kekinian untuk semangat dan serius berupaya memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar tersebut, salah satunya melalui Sosialisasi Empat Pilar yang digencarkan MPR sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014,” katanya.

Generasi muda mahasiswa Indonesia era milenial saat ini, kata Direktur Poltek Amamapare Timika Herman Dumatubun, ST, MT, harus memahami betul-betul bahwa Empat Pilar merupakan hasil perjuangan mahasiswa juga. Kini, perjuangan itu bukannya berhenti, tapi berlanjut terus di sisi pemahaman dan implementasi.

Lembaga MPR mengamanahkan untuk melakukan sosialisasi Empat hal penting itu, yang kemudian dilaksanakan MPR dengan berbagai metode kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar Tony Wardoyo Anggota DPR/MPR Daerah Pemilihan Papua tersebut .

Pemahaman dan implementasi Empat Pilar yang baik oleh generasi muda, menurut Tony Wardoyo, akan menjadi Pertahanan dari dampak negatif modernisasi zaman, perkembangan teknologi global yang sangat maju, serta bisa menjadi filter budaya luar negeri dalam menghadapi MEE juga tahun politik2019 ini, yakni tidak terpengaruh untuk saling berkonflik karena berbeda pilihan saling toleransi terhadap agama dan budaya yang ada.

Sosialisasi Empat Pilar MPR ini mengusung tema “Memberikan pemahaman yang utuh terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara”, hasil kerja sama MPR dengan politeknik Amamapare dan dihadiri beberapa dosen pengajar dari masing masing kampus tersebut. (Red/Rin)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.