Tumbuh Kembang Anak Harus Ditanamkan Sejak Dini

Lensapapua– Pembentukan dan proses tumbuh kembang anak (generasi muda) kita harus disiapkan secara baik serta terus ditanamkan, sejak di usia dini, yang dimulai dari sebuah keluarga, ujar Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, saat membuka kegiatan sosialisasi kekerasan dalam rumah tangga, yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak  (P2KBP3A) setempat, Kamis (10/12-2020) di Aimas.

Jika, hal itu kita sudah mempersiapkan sejak dini akan mempengaruhi secara langsung tumbuh kembang generasi kita di masa yang akan datang dalam kehidupan sosial masyarakat sehari-hari, pintanya.

 

“Tumbuh kembang anak akan berpengaruh secara langsung pada lingkungan tempat tinggal keluarga, dimana anak-anak itu dibesarkan. Sehingga kasus tindak KDRT bisa dicegah, baik berasal dari orangtua, teman atau lingkungan sekitarnya,” ingat Wabup Sorong.

 

Apabila hal ini kita tidak peduli dengan tumbuh kembang anak ini sejak usia dini akan mempengaruhi masa depan anak itu sendiri. Tentu di sini peran kita sebagai orangtua harus terus memantau setiap perkembangan anak kita dari waktu ke waktu  secara baik dimana pun anak  itu berada.

 

“Peran kita  wajib hukumnya selalu senantiasa melihat setiap perkembangan sang anak dan itu menjadi tanggung jawab orangtua maupun keluarga di dalam rumah tangga tersebut” imbaunya.

 

Banyak masalah yang sering terjadi karena ulah sang anak, yang mengakibatkan orangtua kena imbasnya. Hal ini kita harus mengintrospeksi diri sebelum mengambil langkah-langkah selanjutnya.

 

Apabila hal itu kita lakukan secara baik dengan mengambil tindakan yang bijak, sehingga tidak terjadi gesekan atau salah paham di antara orangtua atau tetangga di lingkungan dimana kita berada, tambahnya. (Red/kk)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.