Tommy Suharto Akan Bangun Pabrik Sagu Di Supiori

Tommy Suharto. Saat berkunjung di Supiori.

Lensapapua, Supiori – “Saya melihat di Kabupaten Supiori ini banyak sekali potensi yang sangat menjanjikan, dengan masyarakat yang sangat Ramah,” Demikian ujar Ketua umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Supiori Papua, Sabtu (15/12/2018).

 

Menurutnya perlu ada sentuhan-sentuhan ekonomi kerakyatan yang bisa meningkatkan hasil masyarakat saat ini, seperti pada Potensi Perikanan, Batok Kelapa dan Serabut Kelapa yang bisa di manfaatkan secara maksimal dan juga potensi pembuatan sagu yang bisa di olah secara kreatif.

 

“Partai berkarya akan memperkenalkan ekonomi kerakyatan yang dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, untuk potensi perikanan misalnya itu akan kita kembangkan secara terpadu, supaya Ikan bisa lebih disimpan lebih lama dan bisa dibawa ke Biak karena disana ada cold storage yang bisa digunakan, untuk selanjutnya bisa di jual,” tuturnya.

Tommy Soeharto menambahkan, selain itu bisa di buat Oven berbahan bakar dari biogas, atau memanfaatkan ranting-ranting pohon sehingga energinya tidak ada atau hampir 0 bisa diolah dari oven, bisa dijadikan ikan asap, ikan asin atau tepung ikan, tergantung dari permintaan pasar.

 

Untuk kelapa, selain bisa menjadi kopra, bisa dijual dengan nilai tambahan lain yang belum dimanfaatkan di sini yaitu batok kelapa dan serabut kelapa yang belum dimanfaatkan secara maksimal yaitu dengan menggunakan berbagai metode yang tidak terlalu rumit sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat di Kabupaten Supiori, terutama di pesisir.

 

Putra dari mantan Presiden Republik Indonesia ke-2 ini juga berencana akan membuat Pabrik Sagu, sehingga Masyarakat Supiori bisa mengolah sagu lebih efisien, lebih produktif dan bisa meningkatkan nilai tambah yang lebih maksimal.

 

“Kabupaten Supiori, harusnya bisa lebih maju lagi karena ada potensi yang sangat besar disini, kami akan lebih fokus pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan sehingga bisa meningkatkan hasil pendapatan rakyat, mari terus berkarya karena hanya dengan berkarya kita bisa lebih maju dengan lebih sejahteran,” pungkas Tommy Soeharto. ( ris/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.