Tingkatkan Profesionalitas Dengan Mengedepankan Kode Etik Jurnalis

banner 120x600
banner 468x60

Peserta workshop

Lensapapua–  Bertempat di Hotel Aquarius Aimas Kabupaten Sorong, Kamis 24/4 Panitia HUT Pers Nasional ke-68 laksanakan Workshop bagi seluruh wartawan se-Sorong Raya sebagai tindaklanjut dari HUT Pers yang telah dilaksanakan pada bulan Pebruari yang lalu.

banner 325x300

Dengan Thema “Workshop profesionalisme wartawan dan peranserta masyarakat dalam mewujudkan Pers yang sehat di Sorong Raya”.

Sebagai salah satu narasumber Bupati Sorong yang dalam hal ini diwakili oleh wakil Bupati Sorong Suko Hardjono S.Sos.M.Si. Menjelaskan bahwa seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan Pers,dimana kebebasan Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat,dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara yang demokratis,sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat harus dijamin,sebagaimana tercantum dalam pasal 28 UUD 1945. Jelasnya.

Wakil Bupati Sorong Suko Hardjono S.Sos.M.Si.

Selain itu Pers Nasional juga sebagai wahana komunikasi massa dan pembentuk opini publik harus dapat melaksanakan azas,fungsi,hak dan kewajiban dalam melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan Pers yang professional serta mengedepankan kode etik jurnalis.Katanya.

Peran Pers dan Media sangat penting,selain merupakan satu tubuh atau partner dalam proses penyebaran informasi juga sebagai fungsi sosial kontrol, yang dapat mempresentasikan berbagai ide dan berbagai informasi yang diliput dapat dipublikasikan kepada khalayak secara stimulan dengan menginisiasi perubahan sosial baik berskala kecil maupun besar.Imbuhnya.

Wakil bupati menambahkan bahwa publik ingin mendapatkan berita  atau informasi yang sedang dan yang akan terjadi baik itu dalam negeri maupun dari luar negeri,dengan harapan berita atau informasi yang disajikan harus dapat memberi manfaat pengetahuan dengan mengedepankan berita yang benar,akurat dan objektif serta berimbang.Katanya.

Dengan selalu menjunjung tinggi serta mengedepankan kode etik Jurnalis,kita harapkan kebebasan Pers tersebut dapat terus eksis,tumbuh dan berkembang didalam menjalankan tugas sebagai profesi Jurnalis yang bebas dan bertanggung jawab.Serta dapat memberi kontribusi yang lebih besar lagi bagi kepentingan umum demi kemajuan bangsa dan Negara kita tercinta. (Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.