banner 728x250

SOSIALISASI EMPAT PILAR KEHIDUPAN BANGSA KEPADA PRAJURIT TNI DAN PEMDA KOTA SORONG

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Kegiatan Sosialisasi Empat pilar Kebangsaan, Korem 171-PVT (1)

Lensapapua– Bertempat di Aula Praja Vira Tama Korem 171/PVT Jumat 6/9.kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dilaksanakan Pusterad pada Prajurit TNI di wilayah Sorong dan Pemda Kota Sorong yang disampaikan oleh Kolonel Inf Hendra Yus selaku Ketua Tim, Letkol Ckm Hermawan dan Mayor Inf Budi Handoko sebagai anggota Tim, dihadiri oleh Danlanal Sorong Kolonel Laut (P) Joko Eko Wiyono para Kasi Korem 171/PVT serta para Dansat dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT 

Empat Pilar Kehidupan Bangsa ini perlu diimplementasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari, dimana Pancasila adalah falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi, membimbing dan mengarahkan bangsa pada tujuannya, yang harus di amalkan sehari-hari, peran dan kedudukannya sebagai dasar negara, sebagai jiwa dan kepribadian, sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai ideologi  dan sebagai tujuan hidup. 

UUD 45yang terdiri dari pembukaan , batang tubuh, aturan peralihan dan aturan tambahan seharusnya  dilaksanakan  dengan baik sehingga  tercipta keadilan dalam  masyarakat  dan kesamaan kedudukan di  depan hukum.  Namun kondisi sekarang adalah banyak terjadi benturan undang-undang, ambivalen ( perbedaan pendapat ) serta terjadi praktek ketidakadilan.

Bhineka Tunggal Ika di ilhami oleh sumpah pemuda yaitu satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yang mampu menyatukan semangat untuk berjuang, saat ini kondisinya rapuh seperti kurangnya toleransi, penonjolan individu kelompok daerah. Ini semua harus ditinggalkan kita harus menjiwai kehidupan bermasyarakat sehingga  tercipta kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

NKRI,  yang mempunyai potensi sumber daya alam dan juga sumber daya manusianya, dimana negara kita ada bukan karena  hadiah atau pemberian penjajah namun melalui proses panjang untuk merebut kemerdekaan. 

Oleh karena itu peranan kita sebagai Warga Negara, khususnya sebagai sivitas Akademika harus memiliki kemampuan dasar bela Negara diantaranya secara mental miliki sifat disiplin, ulet, kerja keras, mentaati segala peraturan perundangan yang berlaku, percaya pada kemampuan sendiri, tahan uji, pantang menyerah dalam hadapi kesulitan untuk capai tujuan nasional.

Secara jasmani miliki kondisi kesehatan dan ketrampilan jasmani yang dapat mendukung kemampuan awal bela Negara yang bersifat psikis. Harus berperan dalam menjaga keutuhan negara.  karena  ada beberapa indikator yang mempengaruhi diantaranya menurunnya kesadaran akan pentingnya keutuhan NKRI,  sebuah kekuatandan harga diri bangsa bukan terutama pada kekuatan AngkatanBersenjata dengan seluruh persenjataan perang yang canggih, melainkan  atau bahkan yang pertama adalah padamasyarakat bangsanya yang berkualitas danbermartabat. (Red)

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.