Resmi di Launching, Gaharu Papua Mandiri Gelar Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kampung di Biak Numfor

Lensapapua,Biak – Resmi di Launching, Gaharu Papua Mandiri gelar Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kampung Kabupaten Biak Numfor, yang diikuti oleh para Kepala Distrik dan Kepala Kampung di Kabupaten Biak Numfor.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yakni, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., dengan materi Sinergitas Perguruan Tinggi dalam membangun masyarakat kampung, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS Guru Besar Universitas Cendrawasih Pakar Ekologi Pemerintahan dengan materi Penatakelolaaan lembaga kampung dalam menunju kampung mandiri dan Antropolog Universitas Cendrawasih, Dr. Johsz R. Mansoben yang membawa materi secara Zoom terkait Pembangun kampung berbabis kearifan lokal.

Berdasarkan semangat dan motivasi akan tantangan persaingan global maka terpicu terus gerakan-gerakan perubahan dalam menyesuaikan diri dengan kemajuan informasi dan teknologi pada setiap aspek kehidupan, maka atas dasar pandangan inilah Lembaga Gerakan Pembaharuan Papua Mandiri (Gaharu Papua Mandiri) dibentuk.

Lembaga Gaharu Papua Mandiri hadir atas dasar niatan untuk menggerakan suatu perubahan kearah yang lebih baik, Demikian dikatakan Direktur Lembaga Gaharu Papua Mandiri, Yesaya Saneraro Wamaer, SIP, MAP saat ditemui Wartawan usai pelaksanaan Launching Lembaga Gaharu Papua Mandiri di Hotel Asana Biak. Jumat (12/03/2021).

“Sementara kita lagi fokus kepada pendampingan dan pemberdayaan masyarakat kampung karena menurut kita, lajunya perkembangan zaman ini kalau kita tidak siapkan yang paling bawah atau masyarakat sebagai dampak dari pada semua ini, justru kita akan terlihat gagal atau kita mengalami masalah juga dalam keberhasilan pembangunan itu, sehingga substansi dari pembangunan sesungguhnya yang hari ini kita upayakan adalah kepada masyarakatnya,”jelasnya.

Menurut Sane, percepatan pembangunan di era perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, untuk itu perlu kebersamaan dengan Pemerintah, Agama, Adat atau seluruh Stakeholder masyarakat untuk bersam-sama memadukan gerakan menuju perubahan dalam penyesuaian hidup dengan perkembangan zaman yang ada.

“Dalam seminar ini, kami menetapkan Biak sebagai Pilot project-nya Gaharu karena beberapa pertimbangan, diataranya dari sisi aksesbilitas dan sisi social budaya. Namun tidak menutup ruang juga bagi kita kedepan akan bekerja sama dengan daerah-daerah lain dalam hal pendampingan kelembagaan tetapi juga penguatan kapasitas sesusai dengan misi Gaharu Papua Mandiri,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan masukan atau rekomendasi yang sekiranya bisa membantu Pemerintah Daerah. Selain itu juga ada program yang diatur atau akan dirumusan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang untuk apa yang menjadi output dan outcome dari hadirnya Lembaga Gaharu Papua Mandiri serta akan bekerjasama dengan beberapa lembaga mitra dan lembaga donor serta kementerian terkait dan juga pemerintah provinsi.

“Harapannya kita hadir disini tidak menjadi pesaing buat teman-teman lembaga atau LSM yang sudah ada, tugas pembangunan masyarakat adalah menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga kita akan saling mengisi, sekiranya bersama-sama dengan masyarakat kita akan mendesain program atau merumuskan program yang betul-betul menjadi bagian yang melekat di masyaraka itu sendiri, ”imbuhnya.

Mewakili Gubernur Provinsi Papua, Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen, SP., M. Eng, menyampaikan terimakasih bagi Lembaga Gaharu Papua Mandiri atas inisiatif pengembangan SDM di tingkat distrik dan kampung yang juga menjadi program khusus yang sedang dikembangkan di Pemerintah Provinsi Papua melalui Bandan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua.

“Upaya-upaya peningkatan dengan terus bekerja sama dan bergandentangan dengan semua pihak, baik perguruan tinggi maupun stakeholder terkait sehingga tujuan kita untuk mensejahterakan masyarakat di tanah papau akan terwujud, semoga dengan adanya pelatihan ini menjadi tolak ukur bagi kami dalam menguatkan dan meningkatkan kapasitas aparatur distrik dan kampung di seluruh provinsi Papua,” ujarnya.

Sementara itu, Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor, Otto Wanggai selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Direktur Gaharu Papua Mandiri dan tim yang melakukan gerakan ini sebagai bagian dari perjuangan untuk pembangunan di Papua, khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

“Atas nama Pimpinan Daerah, dalam hal ini Bupati Biak Numfor, kami sangat antusias menerima dan mendukung kehadiran Lembaga ini dalam rangka pembangun masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, semoga apa yang mereka siapkan untuk membantu pemeritntah dalam pembangunan masyarakat kampung dapat bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri,”Pungkasnya.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Resmi di Launching, Gaharu Papua Mandiri Gelar Seminar Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kampung di Biak Numfor

  1. Sangat inspiratif ketika semua lembaga sinergi dalam menata kelembagaan kampung. Khusus Biak, semoga ada role model pembangunan berbasis budaya mulai dari tatanan hidup masyarakat dlm adat . Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.