PT.Mundor Inggris Lakukan Pencanangan Pengeboran Minyak Di Waliam Distrik Salawati Selatan

Lensapapua– Asisten II bidang ekonomi sosial dan pembangunan Setda Kabupaten Sorong, H.Abd.Gani Malagapi, S,Sos.,MM. Mengemukakan bahwa kunjungannya bersama Bupati Sorong ke Distrik Salawati Selatan adalah dalam rangka pelaksanaan acara prosesi Ritual/adat dalam rangka rencana pengeboran Sumur Minyak yang baru oleh PT.Mundor, yang berlokasi di Waliam.

Kegiatan prosesi tersebut seharusnya sudah langsung kepada pencanangan pengeboran, tetapi sesuai dengan adat dari masyarakat setempat yang harus kita ikuti akhirnya didahului dengan acara adat Siri Pinang yang dilakukan tepatnya jam 12 siang,  yang langsung disaksikan/dihadiri oleh Presiden Manager PT.Mundor dari Negara Inggris, SKK Migas dan Bupati Sorong beserta seluruh masyarakat setempat, kata Malagapi diruang kerjanya, Selasa (16/12).

Menurut Malagapi, pemerintah daerah Kabupaten Sorong sangat berharap sebagai langkah awal eksplorasi (dalam pengertiannya diperkirakan ada Minyak-red) agar masyarakat dapat memberikan keleluasaan/kenyamanan kepada pihak perusahaan untuk dapat melaksanakan pengeboran, dengan harapan kiranya pengeboran tersebut dapat membuahkan hasil, karena menurut pengalaman dari pihak perusahaan sebelum datang ke Kabupaten Sorong, PT.Mundor sudah pernah melakukan 7 kali pengeboran di daerah Sumatera dan semuanya berhasil.

Oleh karena itu pihak perusahaan berkeinginan untuk mencoba melakukan pengeboran didaerah kita ini, dengan harapan akan adanya hasil Minyak sesuai yang diinginkan, ungkap Malagapi.

Sementara masyarakat Ring I Waliam juga mengharapkan khususnya ketua adat, agar jika pengeboran ini dapat berhasil, maka diharapkan kepada pihak perusahaan agar dapat merekrut putra asli Papua sebagai tenaga kerja pada perusahaan tersebut, sekalipun hanya sebagai tenaga yang tidak terlalu memerlukan tenaga Skill atau keahlian.

Termasuk juga memperhatikan bidang pendidikan, kesehatan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lain sebagainya melalui Corparate Social Responsibiliti (CSR) dari perusahaan yang ada, kata Malagapi. (Red)

Exit mobile version