Pemkab Sorong Serahkan 8 Unit Mobil Bagi Masyarakat Kampung

Lensapapua – Wakil Bupati Sorong Suka Hardjono, S.Sos, M.Si, secara simbolis menyerahkan 8 unit mobil bagi masyarakat kampung yang ada di beberapa distrik (kecamatan), dengan adanya sarana tersebut dapat membantu masyarakat dalam bidang transportasi, ujarnya,  di Aimas, Jum’at (25/1).

 

“Mobil yang diterima akan langsung dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung/Desa (Bumkam/Bumdes), sehingga dengan adanya bantuan mobil berplat merah ini dari Kementerian Perhubungan RI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 jangan sampai biaya operasionanya harus diminta kepada Pemkab Sorong, dan tidak seperti itu,” ingatnya.

 

Jadi mobil-mobil itu langsung dikelola oleh Bumdes/Bumkam, dan bagaimana biaya operasionalnya, baik terkait dengan kebutuhan bahan bakarnya, menyiapkan dana cadangan untuk memperbaiki kendaraannya, ketika mengalami kerusakan, dan lain sebagainya.

 

Dengan adanya mobil-mobil tersebut bagaimana bisa dikelola dengan baik, sehingga dengan adanya hasil operasional itu bisa ditambah untuk membelikan mobil baru dari hasil  usahanya tersebut.

 

Untuk itu, kepada penerima bantuan bisa merawatnya, sehingga ketersediaan sarana angkutan masyarakat yang ada ini  di beberapa kampung/desa tersebut bisa terpenuhi.

 

“ Intinya untuk mengelola mobil angkutan ini bukan kepala kampung dan atau bukan untuk kepala distrik (camat). Saya tidak mau dengar setelah penyerahan ini belakangan ada pengaduan, dan ini perlu didengar semua ASN sehingga bisa jadi saksi,”pinta Suka Hardjono.

 

Dengan adanya hasil yang dikelola dari mobil-mobil tersebut harus menambah mobil yang baru. “Bukan mobilnya jadi rusak atau karat-karatan, dan jangan sampai sopirnya makan ayam sementara Bumdes/Bumkam makan ikan asin, dan ini pengalaman bagi mereka yang memiliki mobil jasa angkut biasanya terjadi demikian akan jadi masalah,”tegasnya.

 

Sehubungan hal itu, ia meminta kepada para Kadistrik untuk memberikan sosialisasi, sehingga tidak ada piak-pihak yang salah manfaat untuk kepentingan pribadi, harapnya.

 

Adapun 8 mobil yang diserahkan itu diantaranya, yakni  bus mini 16 seat Nomor Pol PB5995 A untuk Kampung Klawoton Baru Distrik Moisegen,  pick- up/single cabin Nomor Pol PB 5201 A untuk Kampung Malagubtuk Distrik Klayili,  pick- up/ single cabin Nomor Polisi PB5202 A untuk Kampung Klabot, Distrik Klabot,  pick –up/ single cabin Nomor Polisi PB 5996 A untuk Kampung Sallata Distrik Sayosa Timur. (Red/rim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.