Pemkab Sorong Bentuk Tim Alih Fungsi Lahan

Lensapapua, Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Ir. Mohammad Said Noer., M.Si memimpin rapat pembentukan tim tindak lanjut alih fungsi lahan pada hari Rabu (18/7/2018), bertempat di Ruang Pertemuan Sekretaris Daerah.

Dalam arahannya terkait hasil diskusi bersama BAPPEDA tentang Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2015, pada prinsipnya bagaimana tindak lanjut untuk pemanfaatan lahan atau ruang di Aimas dan sekitarnya dalam arti mengalih fungsikan lahan tersebut untuk menarik orang bisa berusaha di lahan tersebut, baik lahan produktif atau lahan tidak produktif.

“Intinya pemilik lahan menganggap bahwa mereka memiliki kewenangan untuk melakukan penjualan atau aktifitas lain yang ada dilahan tersebut. Menyikapi hal ini, perlu dibentuk tim kajian dengan tujuan menjawab apakah lahan-lahan ini bisa di alih fungsikan atau tidak.” kata Said Noer.

Disamping pihak legislative dalam hal ini DPRD Kabupaten Sorong juga ingin mengetahui output dari tim kerja ini . Dalam rapat ini ditarik kesimpulan bahwa harus dibentuk tim kajian, dan Sekretaris Daerah berharap tim harus meninjau lapangan dan mengunakan alat untuk menentukan posisi atau titik kordinat, serta bekerja sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

Hadir dalam pertemuan ini, Kepala Dinas Pertanian Ir. Benyamin Halatu, M.Si, dan perwakilan Dinas perumahan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, Bappeda, dan Bagian HUkum Setda Kabupaten Sorong. red

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.