banner 728x250

Pembenahan Sistim Pendidikan di Kabupaten Sorong Sangat Penting

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Ket DPRD Kab Sorong,Ferry Flassy, SH

Lensapapua– Sisitim pendidikan yang diterapkan di Kabupaten Sorong masih harus terus dibenahi terutama terkait dengan keberadaan para guru yang bertugas di daerah pedalaman tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam kegiatan proses belajar mengajar. Bahkan tidak sedikit para guru itu lebih memilih tinggal di kota karena ada beberapa kendala yang ditemui sebagai akibat dari belum tersedianya  sarana perumahan, kata Ketua DPRD Kabupaten Sorong Ferri Alex Flassy, SH di Aimas, Kamis (18/7).

Ketika disinggung terkait dengan adanya pembebasan biaya pendidikan mulai tingkat sekolah dasar hingga SLTA atau sederajat, yang dibiayai melalui dana bantuan operasional sekolah  daerah (BOSDA), menurut Ferri Flassy hal itu  sangat membantu orang tua siswa dalam membiayai pendidikan anak-anaknya.

 

Jadi ada berbagai sumber resmi  yang mengungkapkan bahwa ada beberapa sekolah yang telah terlanjur menerima biaya pendaftaran  di tahun ajaran 20013-2014 ini , menurutnya  hal tersebut sebagai masukkan kepada dewan untuk terus mengkaji dan memantau perkembangannya sehingga  tidak perlu terjadi. Karena semua biaya termasuk kelengkapan seragam sekolah sudah dibiayai, khususnya bagi siswa yang masuk kelas satu sekolah dasar, kelas satu tingkat SLTP dan kelas untuk tingkat SLTA atau sederajat.

 

Dalam pengelolaan anggaran BOSDA yang langsung masuk melalui rekening sekolah tersebut harus dilakukan secara transparan dan dalam penggunaannya dituntut untuk bisa dipertanggungjawabkan.

 

Dengan melalui rekening sekolah setidaknya atas nama dua orang sehingga saling kontrol ke mana saja aliran dana itu akan dimanfaatkan.” Jadi bukan rekening atas nama perorangan, “tegasnya.

 

Sementara itu, terkait dengan kegiatan studi banding yang sempat dikunjungi oleh tim dari anggota DPRD Kabupaten Sorong  belum lama ini di wilayah DI Yogyakarta  di mana biaya pendidikan melalui dana BOSDA bagi siswa yang tidak mampu atau dari keluarga miskin, seperti biaya transportasi siswa semuanya sudah dihitung untuk setiap siswanya, yang  dibiayai melalui dana tersebut, Ujarnya. (LH)

 

banner 325x300