Motto “The Lokal Boy For The Lokal Job” Kebijakan Untuk Polisi Putra Asli Papua

Wakapolda Papua,Paulus Waterpauw

Lensapapua–  Motto “The Lokal Boy For The Lokal Job”.Adalah salah satu kebijakan Polri (Kepolisian Negara) untuk mempercepat perekrutan putra-putri Papua Asli. Jelas Wakapolda Papua Paulus Waterpauw.Jumat 28/3.

Persepsi ini Pengertiannya yaitu putra putri Papua yang direkrut dari Kampung,Distrik,Kabupaten dan Kota,setelah selesai menjalani masa pendidikan maka akan dikembalikan ketempat asalnya untuk melaksanakan pelayanan,pembinaan,pendekatan kepolisian pada masyarakat.Dan hal ini pernah dilakukan 1 kali.Tetapi dengan berbagai pertimbangan dan Evaluasi hingga saat ini belum sempat terealisasi.Jelas Wakapolda.

Tetapi perekrutan kali ini adalah memberikan prioritas pada putra-putri Papua melalui proses yang Normatif.Tentu dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan,misalnya tinggi badan kurang dari standar yang ditentukan 165 Cm,maka akan diberi kemudahan menjadi 163 Cm, untuk Polisi Pria dan untuk Polwan standar tinggi badan dari, 160 Cm menjadi 155 atau 153 Cm.Jelasnya.

Hal ini bukan semata-mata karena Otonomi khusus (Otsus) akan tetapi satu kepentingan untuk bagaimana merekrut lebih banyak dari putra putri asli Papua yang mungkin lewat kajian-kajian ilmiah yang sudah dilakukan,yang kemudian nantinya hal ini bisa menjadikan masukan bagi seleksi meraka.Imbuhnya.

Dengan demikian agar sesuai dengan program Kapolda bahwa” 1 Desa 1 Polisi” tentu hal ini akan membutuhkan sumberdaya manusia yang banyak.Setelah melalui seleksi dan dinyatakan lulus,maka tidak menutup kemungkinan nantinya mereka-mereka ini akan dikembalikan lagi kedaerah.Pungkas Wakapolda. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.