banner 728x250

Minimnya Kesadaran Masyarakat Memiliki e-KTP

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Lensapapua– Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari menargetkan perekaman terhadap 115.000 masyarakat wajib kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) teralisasi bulan Desember 2013 nanti.

Pelayanan yang lakukan selama ini, selain melayani masyarakat di kantor juga turun ke masyarakat untuk melakukan perekaman kepada masyarakat wajib e-KTP, hal ini kami lakukan agar apa yang di targetkan dapat terealisasi dengan baik,”ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Yosep Isir.

Ditambahkan, pada bulan Juli lalu petugas dari dinas kependudukan telah melakukan perekaman e-KTP di beberapa distrik seperti di tanah Rubuh,kelurahan Amban, kampus Unipa dan pulau Mansinam yang masing-masing tempat dilaksanakan selama tiga hari.

Diakuinya, dari 115.000 wajib e-KTP, yang sudah melakukan perekaman per Juli 2013 sebanyak 80.000 orang lebih,namun yang sudah memiliki e-KTP baru 50.000 orang lebih.Ujarnya.

Dari 115.000 wajib e-KTP sesuai data, ada sebagian yang telah pindah ke kabupaten lain dan masih terdata, hal ini karena warga yang pindah tidak melapor terlebih dahulu ke dinas terkait untuk diberikan surat keterangan pindah dari daerah asal Manokwari ke daerah yang dituju.

Isir, mengatakan, pelayanan e-KTP hingga bulan Desember nanti masih diberikan secara gratis, pada bulan Januari 2014 pelayanan akan dilakukan secara rutin dan akan dikenakan biaya administrasi.Mengenai berapa besaran biayanya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat untuk selanjutnya ditetapkan berdasarkan peraturan Bupati Manokwari.

Isir juga mengakui bahwa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pelayanan e-KTP adalah kurangnya kesadaran masyarakat wajib e-KTP serta keterbatasan anggaran,hal inilah yang menyebabkan masih banyak masyarakat yang hingga saat ini belum memiliki e-KTP.

Pihak dinas kependudukan dan capil berharap agar tahun 2014 nanti mendapat dukungan dana yang cukup,agar dapat menjangkau daerah-daerah yang masyarakatnya belum melakukan perekaman.Pungkasnya.seperti dilansir Mc Manokwari.( Red )

 

banner 325x300