Menko Kemaritiman RI, Tinjau Pembangunan Pelabuhan dan Bandara Segun di Kabupaten Sorong

BUPATI SORONG

Lensapapua–  Menko bidang Kemaritim dan Dirjen / deputi Kementerian Kemaritiman RI, berkunjung di Kabupaten Sorong, dalam rangka melihat secara langsung pembangunan pelabuhan di Arar dan bandara Segun bertaraf internasional  yang ada diwilayah Distrik Segun Kabupaten Sorong. Sabtu (09/5)

Menko Kemaritiman, Dr. Ir. Dwisuryo  Indroyono Susilo, M,Sc. Dalam wawancaranya dengan insan pers menjelaskan bahwa pada dasarnya pihaknya sangat mendukung proyek pembangunan bandara Segun dan pelabuhan yang ada didaerah ini, hanya saja perlu dilihat dari semua sisi tentang segala kesiapan yang dibutuhkan untuk kelancaran pembangunan itu kelak, ujarnya.

Menurut Susilo, untuk luasan areal dan panjang run way bandara Segun yang saat ini sedang dibangun 2.400 meter, masih perlu penambahan  600 meter lagi, agar pesawat berbadan lebar bisa landing,  dan proyek ini tentunya akan menjadi proyek Multi Years, termasuk areal kawasan bandaranya juga masih harus ditambah, karena lahan/tanahnya sudah dibebaskan dari masyarakat jadi tidak ada masalah, nanti akan kami cek dengan Menteri Perhubungan, jelasnya.

Untuk pelabuhan sendiri, sesuai kesepakatan dengan PT.Pelindo IV,  akan dibangun dengan penyertaan modal Negara ini tentu sangat bagus sekali, apalagi jika ditambah dengan adanya pembangunan kawasan industri,  karena jika ada yang bikin pelabuhan didaerah ini, kan harus ada kawasan industrinya, jika kawasan industri nya tidak ada maka wilayah disini akan kosong, imbuhnya.

Oleh sebab itu, kata Susilo konsentrasi kami saat ini yaitu ingin melihat seperti apa Kawasan Ekonomi Khusus yang akan dibangun pemerintah didaerah ini.

Tambah Susilo, jika semua kelengkapan administrasi maupun factor pendukung lainnya sudah beres, maka akan kami kawal dan perjuangkan dipusat untuk bisa dimasukkan dalam anggaran 2016, urai Susilo. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.