banner 728x250

Lembaga Pendidikan Harus Berorientasi Pada Dunia Usaha

banner 120x600
banner 468x60

H.Abd.Gani Malagapi.

Lensapapua– Bupati Sorong diwakili Asisten II Setda H. Abdul Gani Malagapi, S. Sos, MM,  memimpin rapat para kepala sekolah SMU, SMAK yang ada di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong  terkait dengan rencana membuka jurusan Politeknik ITB Bandung dalam rangka  pengembangan pendidikan di daerah  yang  harus  lebih berorientasi pada sektor dunia usaha, katanya di Aimas, Kamis (20/11).

banner 325x300

Menurutnya, kita memiliki potensi  sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada  sehingga kita bisa membuka lembaga pendidikan ITB ini agar tamatan-tamatan dari sekolah kejuruan yang ada baik   di Kabupaten Sorong khususnya maupun yang ada di Sorong Raya pada umumnya.

Dalam rapat tersebut, kata Malagapi,” pihaknya lebih menekankan pada program pendidikan yang tidak terjadi tumpang tindih,” seperti beberapa politeknik yang sudah ada di Sorong saat ini.

Dalam program pendidikan tersebut lebih berorientasi  seperti di daerah ini yang sudah ada perkebunan kelapa sawit, minyak dan gas, batubara, dan kita akan mengarahkan  seperti itu.

Jika,  program tersebut sesuai dengan sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Sorong maka mahasiswa tersebut sambil menempuh pendidikannya di perguruan tersebut bisa pula langsung mengadakan praktek lapangan, ujarnya.

Dengan pengalaman yang dimilikinya akan mempermudah yang bersangkutan dalam mencari pekerjaan serta  berdampak positif pula bagi kemajuan suatu daerah .

Dalam rapat tadi juga para sekolah yang hadir memberikan masukan-masukan untuk ditindaklanjuti dengan membentuk tim kerja menyusun semua syarat yang diperlukan memalui dokumen studi kelayakan langsung dibawa ke Dirjen Pendidikan Tinggi untuk memperoleh pengesahan, jelas Malagapi.

Lanjutnya, dengan berhasilnya lembaga pendidikan tersebut akan membuka pula output atau lulusan yang siap pakai dan bisa memperoleh pekerjaan sesuai dengan skill yang dimilikinya, ujar Malagapi.(rim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.