Published On: Sab, Des 1st, 2018

KKP Resmikan Pondok Informasi Dan Beri Bantuan Kompak TWP Di Padaido

Lensapapua, Pengelolaan Kawasan Konservasi meresmikan Pondok Informasi serta menyerahkan Bantuan Kompak TWP Padaido, Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2018, di Kampung Samberpasi, Distrik Aimando, Kabupaten Biak Numfor – Papua, Sabtu (1/112018).

Pondok Informasi merupakan pusat informasi COREMAP yang kemudian oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Kementerian Kelautan dan Perikanan direnovasi dari awal dan dilengkapi dengan perabotan seperti lemari dan rak buku, meja dan kursi.

Pemberian bantuan Kompak merupakan salah satu komitmen BKKPN Kupang dalam mendukung pengembangan pariwisata bahari berbasis konservasi secara berkelanjutan di dalam Kawasan Konservasi Perairan Nasional

Kelompok Masyarakat Penerima Bantuan terdiri dari 2 kelompok yaitu Kelompok Penggerak Konservasi Pulau Rasi mendapatkan perlengkapan homestay dan Kelompok Penggerak Konservasi “Biak Padaido Divers” mendapatkan 4 set alat selam dan diserahkan langsung oleh Kepala Balai KKPN Kupang, Ikram M. Sangadji.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Ikram M Sangadji mengaku sangat bangga dan bahagia bisa datang di Pulau Padaido untuk meresmikan Pondok informasi ini dengan sambutan masyarakat yang luar biasa.

“Pondok informasi ini tidak hanya sebagai pusat informasi TWP Padaido tetapi bisa digunakan sebagai tempat belajar tentang konservasi oleh masyarakat sekitar,”tuturnya.

Harapannya, dengan adanya pondok informasi dan pemberian bantuan ini dapat mendukung pengelolaan KKPN dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai mata pencaharian alternatif sehingga meningkatkan pendapatan.

Ia menambahkan, untuk Provinsi Papua, Kabupaten Biak Numfor menjadi salah satu daerah yang telah di tetapkan Oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Ibu Susi Pudjiastuti sebagai lokasi sentra kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Roberth Rumaropen, perwakilan penerima bantuan dari Distrik Aimando mengucapkan terimakasi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI serta rombongan yang datang atas pemberian bantuan ini. “Semoga kedepan bisa bermanfaat bagi masyarakat disini,” ucapnya.

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Biak Numfor, Dinas Pariwisata Biak Numfor, Stasiun PSDKP Biak, Satker KIPM Biak, Kelompok Penggerak Konservasi Pulau Rasi, Kelompok “Biak Padaido Divers”, Pengelola Rumah Edukasi Distrik Aimando dan masyarakat kampung setempat. red

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>