Jembatan Sungai Kamundan Dengan Bentangan Terpanjang

Jembatan Sungai Kamundan

Lensapapua– Sesuai dengan laporan kepala dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tambrauw, ada  sebanyak 14 paket  pembangunan jalan dan jembatan yang sudah selesai dikerjakan dari tahun anggaran 2011 hingga tahun anggaran 2014,jalan dan jembatan ini nantinya  akan digunakan oleh seluruh masyarakat Papua Barat khusus nya masyarakat Kabupaten Tambrauw dan sekitarnya.

Dari ke-14 paket proyek tersebut salah satu diantaranya yang akan diresmikan hari ini Selasa 06/5 yaitu jembatan Sungai Kamundan dengan panjang 120 Meter dengan bentangan 2 x 60. Pembangunan jembatan ini untuk tahap I (Abudmen) membutuhkan anggaran sebesar  Rp.9.241.260.000.000 yang bersumber dari APBD Kabupaten Tambrauw tahun anggaran 2012, tahap ke-II pembuatan rangka dengan menelan biaya sebesar Rp.20.465.000.000 sumber anggaran APBD Kabupaten Tambrauw Tahun anggaran 2013 dan untuk tahap ke-3 atau finishing menelan biaya sebesar Rp.7.004.600.000 yang juga menggunakan anggran APBD Tahun anggaran 2014 yang pengerjaan nya dikerjakan oleh Kontraktor PT.Nur Hasanah Karya Abadi.

Jembatan dengan konstruksi Baja ini dapat menahan beban seberat 300 Ton dengan ketahanan usia rata-rata dapat bertahan selama 25 tahun lebih,yang tentunya juga disertai dengan adanya perawatan-perawatan.

Sebagai ilustrasi perbandingan bahwa jalan yang selama ini dilalui oleh seluruh masyarakat dari Sorong menuju Fef hingga tiba di Manokwari menempuh jarak 460 Kilo Meter dengan waktu tempuh 8-9 Jam,Akan tetapi jika ditempuh melalui Sorong-Ayamaru hingga tiba di Manokwari maka akan menempuh jarak 570 Kilo Meter dengan waktu tempuh yang lebih lama karena terdapat selisih perbedaan jarak 110 Km.

Dengan demikian maka pembangunan jembatan ini akan lebih mempermudah dan akan lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,khususnya masyarakat pada Distrik Mubrani,Kebar,Amberbaken dan Snopi. (Red)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.