banner 728x250 banner 728x250

Implementasi Tugas-Tugas TNI Mengisi Pembangunan Nasional

banner 120x600
banner 468x60

banner 325x300

Muspida saat Upacara

Lensapapua– Lebih lanjut Kasrem mengatakan bahwa Implementasi tugas-tugas TNI yang diembankan  Negara,  dapat terlihat dari ke-ikut sertaan mengisi pembangunan Nasional  dengan mengedepankan cara pandang.

Bahwa  apapun yang dilakukan TNI senantiasa dalam rangka pemberdayaan Institusi Fungsional yang dilakukan bersama komponen Bangsa lainnya. TNI merupakan bagian dari Sistim Nasional, dan segenap peran dan tugas TNI dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara dilakukan atas kesepakatan Bangsa dengan pengaturan secara Konstitusional.

Seperti Bencana kebakaran Hutan yang baru-baru ini terjadi, TNI terlibat dalam  satuan tugas Pemadaman dengan 1.526 Prajurit, 28 Sortie Penerbangan Pesawat Militer C-130, C-235 serta berbagai peralatan Pemadaman lainnya.

 Kepada seluruh jajaran satuan TNI, termasuk jajaran Komando kewilayahan,  Panglima TNI menginstruksikan untuk menyusun dan melaksanakan  pemutahiran rencana tindakan Kontinjensi ( Continjency Plan ) Rencana tanggab Darurat ( Emergency Respon Plan ) dan rencana Pemulihan ( Recovery Plan ) serta rencana latihan dan prosedur pengendalian Hutan dan Lahan.

Seperti  Instruksi Presiden RI Nomor 16 Tahun 2011 tentang peningkatan pengendalian  kebakaran Hutan dan Lahan khususnya  Daerah rawan. Agar senantiasa bersiaga dan melakukan  langkah-langkah awal dalam mencegah  dan mengurangi kasus-kasus kebakaran Ladang dan bencana asap, bekerja sama dan di-koordinasikan dengan Pemerintah Daerah dan komponen Masyarakat, dalam konteks tugas perbantuan kepada Pemerintah Daerah yang telah diatur sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Serta menggunakan  ” Juklak “ Operasi  TNI  yang tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI Tahun 2012, tentang bantuan TNI kepada POLRI sebagai dasar pelaksanaan tugas disatuan masing-masing.

Diakhir Amanat Panglima TNI  ada beberapa Atensi yang harus dipedomani dalam setiap melaksanakan tugas, ‘’ Tingkatkan  KeImanan dan ketaqwaan kepada TYE sebagi landasan Moral dan Etika dalam melaksanakan tugas dan pengabdian.Pegang teguh serta Amalkan komitmen netralitas TNI dalam Politik  praktis. Tingkatkan pembinaan satuan,Bangun komunikasi dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah,Polri serta Masyarakat. Serta harus mencermati dan menyikapi setiap perkembangan lingkungan yang terjadi dengan Arif dan hati-hati. ( LH )

banner 325x300