FGD Gelar Diskusi Terkait RTRW Kabupaten Sorong

Lensapapua – Focus Group Discussion (FGD) terkait review (tinjauan) Rencana Tata Ruang Wilayah dan revisi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) digelar Bappeda Kabupaten Sorong, Rabu (26/9) di Aimas.

 

Bupati Sorong Johny Kamuru, saat membuat FGD tersebut mengemukakan,  agar setiap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya untuk saling berkoordinasi. “Dan tidak  ada  OPD yang bersangkutan melakukan kegiatan tugas pelayanan semaunya saja,”pinta Kamuru.

 

Koordinasi lintas OPD itu sangat penting sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam suatu kebijakan pekerjaan maupun tugas pelayanan lainnya.

 

Kenapa RTRW kita di Kabupaten harus direview, dan ini mengingat saat RTRW itu disusun belum ada pembangunan yang menjadi kebijakan nasional masuk dalam rencana tersebut. Contoh kongkritnya adalah di Kawasan Ekonomi Khusus Sorong, seperti yang disebutkan pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 31 Tahun 2006, ujarnya.

 

Ada beberapa isu strategis pembangunan di Kabupaten Sorong antar lain di antaranya  masalah pembangunan infrastruktur masyarakat  yang akan memicu pertumbuhan,  belum terakomodirnya kepentiingan masyarakat  adat dan kearifan lokal  di dalam pembangunan, jelas Kamuru.

 

Ia berharap dengan adanya kegiatan FGD ini khusus kepada Kadistrik (camat) yang wilayah kerjanya berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga agar bisa memahaminya dengan baik, terutama masalah tapal batas pemerintahan maupun tugas pelayanan pemerataan pembangunan dan lainnya. (Red/rim)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.