DISNAKER DAN TRANSMIGRASI SORSEL GELAR PEMBINAAN LKS  TRIPARTIT DAERAH

lensapapua, Teminabuan Dinas Tenaga Kerja Dan transmigrasi Kabupaten Sorong Selatan menggelar kegiatan pembinaan Kelembagaan Kerjasama (LKS) Tripartit Daerah Yang Dilaksanakan DiLingkungan Pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan Rabu,23/05/2018 belum lama ini bertempat di ruang rapat kantor bupati Sorong Selatan.

Wempi  Way,S.IP  selaku ketua panitia menjelaskan bahwa sesuatu keputusan  Bupati Sorong Selatan  Nomor 560/131/BSS/III/Tahun2016 tanggal 14 Maret 2016 pada Diktum kedua yang menegaskan  bahwa Tim LKS Tripartit Daerah Kabupaten Sorong Selatan  memiliki tugas  dan fungsih adalah sebagai berikut menyusun kebijaksanaan dan memecahkan masalah ketenagakerjaan  diwilayah kabupaten Sorong Selatan.

Selain itu Tim LKS juga bertugas untuk melaporkan hasil kerja kepada bupati melalui sekretaris daerah kabupaten Sorong Selatan Dijelaskan bahwa ketenaga kerjaan  memiliki  peranan dan kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam  rangka pelaksanaan pembangunan dikabupaten  Sorong Selatan.

Ditambahkanya bahwa masalah ketenagaa kerjaan menjadi perhatian kita bersama dalam mengkaji dan  menganalisis program  program terkait dengan peluang  dan informasi pasar kerja dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang menjadi salah satu solusi yang dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenaga kerjaan dikabupaten Sorong Selatan.

Kegiatan ini juga memiliki sasaran dianataranya ditujukan pada permasalahan tenaga kerja  dan  para pencari kerja wilayah kabupaten Sorong Selatan.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini hasil yang ingin dicapai adalah  para anggota dapat memberikan saran dan masukan yang konstruktif kepada pemerintah dalam hal ini kepada  Bupati terkait perkembangan ketenagakerjaan dan permasalahan yang terjadi pada semua sektor pembangunan di kabupaten Sorong Selatan.

Wempi Way S.IP berharap diakhir kegiatan ini Tim dapat melahirkan pokok pokok pikiran yang  kongkrit dan terukur khusus  terkait dengan permasalahan ketenagakerjaan.

Sementara itu sekda Sorong Selatan Dance Yulian Flassy,SE,MSi dalam

sambutanya mengatakan bahwa  dalam data yang ia miliki terdaftar pencari kerja sejak  tahun 2011  berjumlah 4918 dan terjadi penyerapan di tahun 2012 tercatat dari 4698 terjadi penyerapan tenaga kerja sebanyak 1833 tenaga kerja dan di tahun 2014 terserap sebanyak  1138 tenaga kerja di sorong selatan.

Dirinya berharap agar perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat dapat merekrut pegawai ataupun karyawan local setempat tidak hanya pada posisi dan bidang bidang pekerja dilevel bawah namun dirinya mengharapkan perusahaan dapat merekrut warga  Papua terutama  yang berdomisili disekitar lokasi  pada level level administrasi dan level pimpinan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Sorong Selatan Yulian Tauwe,S.IP,Asisten 1 Seketariat Daerah Kabupaten Sorong Selatan  Yosef Bless,SH,MH,Sekretaris Disnaker Sorsel,serta Ketua dan Anggota  LKS Tripartit Daerah Kabupaten Sorong Selatan, red.

Berita terkait

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.