Demi Pemerataan Pemkab Sorong Segera Berlakukan Dua Jalur Jalan Baru Dan Lama

Jalur lama via RS Rujukan Kabupaten Sorong (kiri) jalur baru via Aimas Convention Centre. dok/red
Jalur lama via RS Rujukan Kabupaten Sorong (kiri) jalur baru via Aimas Convention Centre. dok/red

Lensapapua, Rencana pemerintah Kabupaten Sorong merekayasa lalu lintas dua jalur di kilometer 19 hingga 23 Distrik Aimas akan segera diberlakukan dimana sebelumnya telah dilakukan ujicoba atas penggunaan dua ruas jalan serta pemasangan separator pembatas jalan di depan kantor distrik Aimas selama beberapa bulan terakhir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong, Mohammad Said Noer menegaskan pemberlakuan rekayasa lalu lintas tetap harus dilakukan selain untuk pemerataan akses lalu lintas sekaligus menumbuhkan dan pemerataan sektor ekonomi di ruas jalan lama juga untuk memperkecil kecelakaan lalu lintas mengingat jika hanya satu ruas jalan yang dimanfaatkan maka besar kemungkinan terjadinya kecelakaan bagi pengendara.

Oleh sebab itu kebutuhan di kedua ruas jalan agar dapat dimanfaatkan semaksimal harus segera ditindak lanjuti. “Kita harus lakukan rekayasa arus lalu lintas, karena jika diberlakukan hanya satu ruas, maka jalan lama tidak termanfaatkan. Penumpukan pengguna di satu ruas akan berdampak terhadap terjadinya kecelakaan, untuk itu rambu-rambu lalu lintas harus segera dibuat” kata Mohammad Said Noer, pada Rapat Koordinasi Pengaktifan Jalan Dua Jalur diruang Pola Kantor Bupati Sorong, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sorong, AKP Ade Parpar mengatakan siap mengamankan rekayasa arus lalu lintas sesuai perencanaan pemda, namun sebelum itu diharapkan semua rambu lalu lintas terpasang demi keselamatan pengendara dijalan.

“Kami siap memberikan pelayanan agar lalu lintas berjalan lancar, namun kami harapkan pemda juga memperhatikan kesiapan rambu lalu lintas untuk keselamatan pengendara kendaraan di jalan” kata Ade Parpar.

Ruas jalan dua jalur yang akan dipergunakan pemda memiliki dampak strategis dimana ruas jalan lama menyambungkan dengan akses Rumah Sakit Rujukan, sedangkan ruas jalan yang baru melintas di depan gedung Aimas Convention Center sehingga kebutuhan terhadap pengaktifan kedua ruas jalan harus dilakukan secara serius. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.