Dandrem 173/PVB Tinjau Lokasi TMMD Di Kampung Makmakerbo

Lensapapua, Komandan Korem 173 Praja Vira Braja Brigjen TNI Bahman beserta jajaran Korem 173/PVB di dampingi Dandim 1708 Biak Numfor
Letkol Inf Ricardo Siregar S.H.M.Tr.(HAN)
melakukan peninjauan di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di wilayah Kodim 1708 Biak Numfor Tahun Anggaran 2019 di Kampung Makmakerbo Distrik Oridek Kabupaten Biak Numfor, Senin (12/3/2019).

Proses pembangunan 10 rumah untuk program TMMD ini telah dimulai sejak 26 Februari 2019 lalu dan di targetkan selesai 1 bulan, Danrem 173/PVB menegaskan bahwa target utama pembangunan 10 rumah ini harus selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan.

“Apapun yang terjadi harus bisa selesai tepat pada waktunya, artinya bahwa hari ke 30, selama satu bulan itu semua harus sudah rampung,” ujarnya.

Hasil evaluasi setelah dilakukan pemantauan, dikatakan walaupun dengan banyak kendala seperti
cara pengerjaannya masih ada yang harus diperbaiki, kontur tanah dan sulitnya air bersih akan tetapi semua masih berjalan dengan baik

“Jadi kontur tanah ada yang miring, kalau rata itu enak membangun,tapi posisinya miring antara satu sisi dan sisi lainnya itu tidak sama, itu yang menyebabkan pengerjaan pondasi itu butuh waktu, selain itu juga sulitnya air bersih tapi sudah ada inisiatif dari tentara yang bisa mengatasinya dengan membuat penampungan air, jadi apapun kendalanya tidak menjadi hambatan, semua masih bisa di atasi,” jelas Dandrem.

Dandrem berpesan kepada para anggota TNI yang bertugas di TMMD ini bahwa ini adalah awal masuknya manunggal dengan rakyat, karena Kowil tujuan akhirnya adalah menjaga kemanunggalan dengan rakyat, jadi tetap bekerja dan melakukan yang terbaik selama waktu yang disediakan.

“Berikut kepada masyarakat, semoga masyarakat berkenan dengan apa yang dikerjakan oleh TNI, dengan harapan bisa mengerti dan lebih dekat dengan TNI, bahwa itulah TNI selalu berupaya yang terbaik untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Mewakili pemerintah daerah Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Biak Numfor, Setyo Budi berharap pembanggunan rumah pada TMMD kali ini bisa berjalan lancar dan rampung sesuai target yang di tentukan.

Berikut kepala kampung Makmakerbo Wilianus Makmaker menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada Pemda serta TNI yang akan membangun 10 rumah bantuan untuk masyarakat dikampungnya.

Ia mengaku ada beberapa kesulitan yang menjadi kendala di Kampung Makmakerbo yakni sulitnya air bersih, keberadaan jalan yang kurang bagus, serta sulitnya transportasi, untuk itu ia berharap nantinya ini juga bisa menjadi perhatian dari pemerintah daerah.

Disisi lain Mama Leny Makmaker, salah satu penerima maanfaat mengaku senang bisa mendapatkan rumah yang layak huni pada TMMD kali ini, karena rumah yang saat ini di huni oleh mama leny bersama 4 orang anaknya ini berada jauh di tengah hutan.

“Mama punya rumah itu ada jauh sekali di dalam hutan sana, karena mama juga bertani disitu, rumah itu masih pakai dinding gabah gabah atapnya juga dari daun atap sagu itu yang bapak dong bikin sementara untuk kita pakai tidur disana, skrg mama merasa senang karena mama mendapatkan rumah yang layak huni dari TMMD, Terimakasih untuk Pemda dan Bapak bapak Tentara,” pungkas Mama Leny. red

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *